Peranan Media Audiovisual Dalam Menyampaikan Dakwah Billisan Guna Meningkatkan Semangat Mengaji Siswa TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang

Liana Kristina, NIM. 612016022 (2020) Peranan Media Audiovisual Dalam Menyampaikan Dakwah Billisan Guna Meningkatkan Semangat Mengaji Siswa TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016022_bab 1_daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016022_bab 2_sampai_bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Liana Kristina 612016022 skripsi dengan judul “PERANAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH BILLISAN GUNA MENINGKATKAN SEMANGAT MENGAJI SISWA TPA NURUL FALAH KARYAJASA II PALEMBANG”. Rumusan masalah : 1) Bagaimana peranan media audiovisual dalam mempengaruhi minat siswa TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang dalam mengaji, 2) Bagaimana perubahan semangat mengaji siswa TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang setelah pembelajaran melalui media audiovisual, 3)Apakah faktor penghambat dan pendukung media audiovisual dalam meningkatkan semangat mengaji siswa TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran media audiovisual dalam meningkatkan semangat mengaji siswa di TPA Nurul Falah dilorong Karyajasa II kecamatan Seberang Ulu II Kelurahan 16 Ulu Kota Palembang. Adapun data yang diambil dalam penelitian ini melalui dua sumber yaitu melalui data primer dan data sekunder, Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. dan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Yang melatar belakangi penelitian ini adalah peneliti yang melihat fakta bahwasanya di TPA Nurul falah karyajasa II Palembang terlihat monoton sehingga peneliti ingin mengubah suasana tersebut menjadi lebih semangat dan bewarna lagi dengan cara mengkolaborasikan media audiovisual dengan dakwah Billisan yang bisa menarik perhatian siswa TPA Nurul Falah karenanya menyesuaikan anak-anak milenial dengan berbagai kecanggihan teknologi tanpa harus memberi jarak dengan dakwah itu sendiri. Hasil dari penelitian ini adalah Peranan media audiovisual sangat berpengaruh terhadap semangat siswa dalam mengaji Al-Qur’an, karena media audiovisual yang memberikan unsur gambar dan suara yang identik dengan dunia anak dan sangat menarik bagi anak-anak, dan dengan media Audiovisual juga menjadikan anak-anak semangat mengaji, seperti umumnya kalau sudah cinta maka mudah untuk menerima, jika anak-anak sudah semangat datang untuk mengaji maka nilai-nilai ke Islaman yang ingin disampaikan oleh Da’i akan mudah diterima oleh anak-anak, tetapi dalam penelitian banyak ditemui beberapa faktor penghambat seperti mahalnya sarana dan prasarana teknologi dan fasilitas yang seadanya dan ada juga faktor pendukung seperti banyaknya dukungan dan bantuan masyarakat sekita TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Helyadi, S.H., M.H. 2. Yahya, Lc., M.P.I.
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Audiovisual, Billisan
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Oct 2020 01:20
Last Modified: 10 Nov 2020 05:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12574

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.