Analisis Dampak Lingkungan Dengan Metode Life Cycle Assessment Pada Industri Tahu Rumahan (Studi Kasus: UKM Tahu Pak Kitur)

Romyzar Arya Putra, NIM. 152016041 (2020) Analisis Dampak Lingkungan Dengan Metode Life Cycle Assessment Pada Industri Tahu Rumahan (Studi Kasus: UKM Tahu Pak Kitur). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152016041_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
152016041_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kondisi lingkungan yang semakin memburuk menyadarkan banyak pihak mengenai isu lingkungan. Salah satu UKM yang memiliki dampak yang berpotensi besar terhadap lingkungan adalah UKM Tahu Pak Kitur. Proses produksi tahu tentunya menghasilkan limbah. Untuk mendukung konsep Green Industry, UKM perlu memperhatikan bagaimana proses produksi yang memiliki dampak terhadap lingkungan. Namun sampai saat ini UKM belum mengetahui bagaimana dampak yang ditimbulkan dari proses produksi yang dilakukan. Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan, digunakan metode Life Cycle Assessment (LCA). LCA digunakan untuk menilai siklus hidup produk dari suatu produk atau proses dengan melakukan input data material dan energi hingga output yang dihasilkan. Nantinya hasil LCA akan dibandingkan dengan skenario yang memungkinkan menjadadi alternatif perbaikan. Proses LCA dibantu menggunakan Software SimaPro dengan pengolahan daa, didapatkan besar single score total sebesar 4076,345 Pt, dengan dampak lingkungan dari yang terbesar hingga terkecil adalah Human Health (Kesehatan Manusia) sebesar 1701,54 (41,7%), Ecosistem Quality (Kualitas Ekoistem) sebesar 1409,057 (34,6%), dan Resources (Sumber Daya) sebesar 965,7484 (23,7%). Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan rekomendasi perbaikan untuk mengurangi dampak lingkungan yaitu dengan mengganti kayu bakar dengan biogas sebagai bahan bakar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Ir. A. Ansyori Masruri, M.T 2. Masayu Rosyidah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Dampak Lingkungan, Life Cycle Assessment, Produksi Tahu, SimaPro
Subjects: Industri > Pabrik-pabrik (Manufactures)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:46
Last Modified: 25 Sep 2020 03:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12545

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.