ANALISIS POSTUR KERJA PENGRAJIN BATIK JUMPUTAN MENGGUNAKAN MET ODE JOB STRAIN INDEX (JSI) DAN LOADING ON THE UPPER BODY ASSESSMENT (LUBA) (Studi Kasus di UKM Batik Jumputan Ishak Palembang)

BENO NOPRIANSAH, NIM 152016026 (2020) ANALISIS POSTUR KERJA PENGRAJIN BATIK JUMPUTAN MENGGUNAKAN MET ODE JOB STRAIN INDEX (JSI) DAN LOADING ON THE UPPER BODY ASSESSMENT (LUBA) (Studi Kasus di UKM Batik Jumputan Ishak Palembang). Skripsi thesis, universitas muhammdiyah palembang.

[img]
Preview
Text
152016019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
152016019_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS POSTUR KERJA PENGRAJIN BATIK JUMPUTAN MENGGUNAKAN METODE JOB STRAIN INDEX (JSI) DAN LOADING ON THE UPPER BODY ASSESSMENT (LUBA) (Studi Kasus di UKM. Batik Jumputan Ishak Palembang) Beno Nopriansah Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Palembang E-mail benonopriansah12@gmail.com AbstrakĀ¬-UKM Batik Jumputan Ishak Palembang merupakan salah satu UKM yang memproduksi batik jumputan. Dimana seluruh aktivitas pada proses pembuatan batik jumputan dilakukan secara manual dengan posisi duduk dan berdiri dalam jangka waktu yang lama. Aktivitas tersebut dapat menimbulkan risiko cedera pada pekerja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat risiko ergonomi pada pengrajin batik jumputan dan memberikan rekomendasi usulan perbaikan dari hasil pengukuran tingkat risiko ergonomi pada pengrajin batik jumputan. Penilaian tingkat risiko ergonomi menggunakan metode Job Strain Index (JSI) dan Loading on the Upper Body Assessment (LUBA). Dari hasil penilaian menunjukan bawah tingkat risiko ergonomi berdasarkan metode JSI terdapat 7 aktivitas kerja yang berada pada tingkat resiko rendah dan 2 aktivitas kerja yang berada pada tingkat sedang. Sedangkan untuk metode LUBA terdapat 5 pekerja yang berada pada kategori III dan 4 yang berada pada kategori II. Dan usulan perbaikan yang diberikan pada proses pembuatan warna, pewarnaan, pencucian dan proses melipat kain batik berupa meja dan untuk penjemuran mengusulkan mengurangi tinggi penjemuran. Kata Kunci: Risiko Ergonomi, Postur Kerja, Job Strain Index (JSI), Loading on the Upper Body Assessment (LUBA), Batik Jumputan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Rurry Patradhiani, S.T., M.T 2. Merisha Hastarina, S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Risiko Ergonomi, Postur Kerja, Job Strain Index (JSI), Loading on the Upper Body Assessment (LUBA), Batik Jumputan.
Subjects: Industri > Pabrik-pabrik (Manufactures)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 24 Sep 2020 06:48
Last Modified: 24 Sep 2020 06:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12415

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.