STRATEGI DAKWAH TPA NURUL FALAH KARYAJASA II PALEMBANG MELALUI MEDIA MASSA

Beta Harianti, NIM. 612016024 (2020) STRATEGI DAKWAH TPA NURUL FALAH KARYAJASA II PALEMBANG MELALUI MEDIA MASSA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
612016024_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016024_BAB II_SAMPAI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media massa adalah sarana atau alat yang digunakan dalam proses komunikasi massa, yakni komunikasi yang diarahkan kepada orang banyak atau sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita ataupun pesan kepada masyarakat langsung secara luas. pokok masalah yang dirumuskan: bagaimana strategi dan metode dakwah TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang melalui media massa, apakah isi pesan dakwah TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang yang disampaikan melalui media massa, apakah faktor pendukung dan penghambat berdakwah melalui media massa di TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang. Hal inilah yang melatar belakangi permasalahan pada skripsi ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode deskripsi kualitatif yaitu pengamatan terhadap objek penelitian melalui observasi dan selanjutnya menganalisis objek menjadi pusat penelitian, berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari informal. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder, data primer adalah data pokok penelitian yang bersumber dari responden langsung, yaitu ustadzah TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang, sedangkan data sekunder adalah data tambahan yang bersumber dari buku-buku referensi, internet, majalah, artikel, jurnal, dan situs-situs lainnya yang mendukung dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi dan metode dakwah TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang melalui media massa, untuk megetahui isi pesan dakwah TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang yang disampaikan melalui media massa, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat berdakwah melalui media massa di TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah peneliti dapat mengetahui bahwa strategi yang dilakukan oleh TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang yang pertama menyusun tujuan-tujuan yang akan dicapai, yang kedua melakukan pendekatan baik kepada orang tua maupun anak-anak itu sendiri, dan yang ketiga menggunakan strategi indriawi. Adapun metode yang dilakukan oleh TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang dengan menggunakan metode ceramah atau bil lisan, dan media yang digunakannya adalah media audiovisual. Isi pesan dakwah yang dapat diambil dari TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembangyang disampaikan melalui media massa yaitu: ketauhidan, syariat, dan akhlak. Serta adapun faktor pendukung berdakwah melalui media massa di TPA Nurul Falah Karyajasa II Palembang, yakni: adanya dukungan dari masyarakat dan pengurus masjid, adanya minat serta respon yang baik dari anak-anak, serta pendidik yang berkompetensi dalam mengggunakan media, adapun faktor penghambatnya belum tersedianya kelas belajar, alat-alat, dan kemampuan fungsional. Kata kunci: Strategi Dakwah dan Media Massa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Mustofa, S.Ag., M.Pd.I 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah dan media massa.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Sep 2020 04:01
Last Modified: 19 Sep 2020 04:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12057

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.