ANALISIS UNSUR-UNSUR SOSIOLOGI SASTRA PADA NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURRAHMAN ES SHIRAZY

WINDA FEBRIANTY, NIM. 312016043 (2020) ANALISIS UNSUR-UNSUR SOSIOLOGI SASTRA PADA NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURRAHMAN ES SHIRAZY. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016043_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312016043_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Febrianty, Winda. 2020. Analisis Unsur-Unsur Sosiologi pada Novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrahman El Shirazy. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Ismaiyati, M.Pd., (II) Dra. Listini, M.Pd. Kata kunci: analisis, unsur sosiologi, novel Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur sosiologi pada novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Unsur-unsur Sosiologi Sastra apa saja yang terkandung dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrahman El-Shirazy? Manfaat penelitian ini adalah 1) secara teoritis dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoritis, sekurang-kurangnya dapat berguna sebagai sumbangan pemikiran bagi dunia pendidikan. 2) secara praktis; (1) pembelajaran, (2) pembaca, dan (3) peneliti lanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy. Terbit pada September 2019. Diterbitkan oleh Republika Penerbit, dengan jumlah halaman 110 halaman, sampul berwarna coklat krim, dengan panjang 20,5 cm serta lebar 13,5 cm. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy mengadung unsur-unsur sosiologi, diantaranya 1) Unsur Sistem Sosial meliputi (1) Unsur Kepercayaan, (2) Unsur Ekonomi, (3) Unsur Pendidikan. 2) Unsur Sistem Nilai dan Ide. 3) Unsur Peralatan Budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Ismaiyati, M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, unsur sosiologi, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:18
Last Modified: 11 Jan 2022 23:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11824

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.