ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL BIDADARI UNTUK DEWA KARYA ASMA NADIA

YULISTRI KARNILA, NIM. 312016018 (2020) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL BIDADARI UNTUK DEWA KARYA ASMA NADIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312016018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312016018_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Karnila, Yulistri. 2020 Analisis Karakter Tokoh dan Penokohan dalam Novel Bidadari untuk Dewa Karya Asma Nadia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Gunawan Ismail.,M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Danto, M.Pd. Kata kunci: analisis, karakter, novel. Latar belakang dalam penelitian novel Bidadari untuk Dewa Karya Asma Nadia merupakan novel yang menggambarkan seorang laki-laki yang mengalami ujian yg bertubi-tubi dalam hidupnya, mulai dari kuliah hingga sudah menikah masalah selalu datang menyertainya. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini nilai-nilai karakter tokoh dan penokohan apa sajakah yang terdapat dalam novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter tokoh dan penokohan dalam novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia. Manfaat dari penelitian ini bagi pembaca dapat menambah wawasan kesusastraan, bagi guru penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi dalam pemilihan bahan ajar khususnya pelajaran Bahasa Indonesia di bidang Sastra, bagi peneliti, ini dapat dimanfaatkan sebagai perbandaingan dan referensu dalam mengadakan penelitian lanjutan dengan memperluas aspek atau tujuan satra dalam menganalisis novel lainnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dalam penelitian ini agar dapat mendeskripsikan analisis Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter tokoh dan penokohan dalam novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia. Dengan menggunakan metode deskriptif , seorang peneliti sastra dituntut untuk mengungkapkan fakta-fakta secara terstruktur dengan cara memberi deskriptif. Dalam penelitian ini, metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan analisis karakter tokoh dan penokohan dalam novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia. Peneliti menganalisis dengan cara membaca serta memahami novel, membuat sinopsis, kemudian menganalisis, mendeskripsikan dan mengklasifikasi karakter tokoh dan penokohan dalam novel, dan terakhir menyimpulkan yang terdapat dalam novel. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa dalam novel Bidadari untuk Dewa Karya Asma Nadia terdapat tiga karakter yaitu (1) Hubungannya dengan Tuhan (2) Hubungannya dengan diri sendiri (3) Hubungannya dengan sesama. Sebagai penutup, peneliti menyarankan agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi siswa, dan materi untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. Pembimbing 2 : Drs. Danto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, karakter, novel.
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 05:14
Last Modified: 16 Sep 2020 05:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11810

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.