ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM TEKS PIDATO SISWA KELAS XI SMA YWKA PALEMBANG

NALARATI, NIM. 312016004 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR DALAM TEKS PIDATO SISWA KELAS XI SMA YWKA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text
312016004_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan sistematika, kesesuaian isi dan tujuan, serta penggunaan bahasa dalam teks pidato.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara.Hasil penelitian ini pada aspek sistematika teks pidato diketahui.Pertama, pada pendahuluan siswa yang menuliskan dengan sangat tepat sebanyak 13 orang.Kedua, pada bagian isi siswa yang menuliskan dengan sangat tepat sebanyak 16 orang.Ketiga, siswa yang menuliskan dengan kurang tepat sebanyak 15 orang.Pada aspek kesesuaian isi dan tujuan diketahui siswa yang menuliskan dengan sangat tepat sebanyak 14 orang.Pada aspek penggunaan bahasa dalam teks pidato diketahui.Pertama, pada bagian penggunaan ejaan dan tanda baca siswa yang menuliskan dengan kurang tepat sebanyak 15 orang.Kedua, pada bagian diksi siswa yang menuliskan dengan cukup tepat sebanyak 12 orang.Ketiga, pada bagian kalimat efektif siswa yang menuliskan dengan cukup tepat sebanyak 12 orang.Keempat, pada bagian kepaduan paragraf siswa yang menulsikan dengan tepat sebanyak 15 orang.Dengan demikian simpulan dari penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan yang terdapat pada hasil tulisan teks pidato siswa masih cukup signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Dr.H. Haryadi, M.Pd 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: analisis, bahasa Indonesia yang baik dan benar, teks pidato
Subjects: Bahasa Indonesia > Pidato
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:20
Last Modified: 16 Sep 2020 02:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.