Analisis Struktur Kepribadian Tokoh dalam Novel Harga Sebuah Percaya Karya Tere Liye

Rani Eka Saputri, NIM. 312016020 (2020) Analisis Struktur Kepribadian Tokoh dalam Novel Harga Sebuah Percaya Karya Tere Liye. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
312016020_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saputri Eka, Rani. 2020. “Analisis Struktur Kepribadian Tokoh dalam Novel Harga Sebuah Percaya Karya Tere Liye”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (1) Drs. H. Mustofa, M.Pd., (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: analisis, struktur kepribadian, tokoh Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh dalam novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye. Rumusan masalah adalah bagaimanakah struktur kepribadian tokoh dalam novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui struktur kepribadian tokoh dalam novel Harga Sebuah Percaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye. Terbit Maha Publishing: Jakarta, cetakan pertama 2017, 298 halaman. Hasil dari struktur kepribadian di antaranya: (1) id merupakan system kepribadian yang asli, dibawa sejak lahir, yang terdiridari: (a) harus dihormati, (b) manja, (c) sewenang-wenang, dan (d) mementingkan diri sendiri. (2) ego adalah pelaksana dari kepribadian, yang memiliki dua tugas utama yaitu: (a) memilih stimulasi mana yang hendak di respon, dan (b) menentukan kapan dan bagaimana kebutuhan itu dipuaskan sesuai dengan tersedianya peluang yang risikonya minimal. (3) superego adalah kekuatan moral dan etika dari kepribadian. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat struktur kepribadian yang bermanfaat untuk diketahui yang didasariatas id, ego, dan superego.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. Mustofa, M.Pd 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: analisis, struktur kepribadian, tokoh
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:15
Last Modified: 16 Sep 2020 02:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11743

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.