Analisis Nilai-nilai Religius Dalam Novel Cinta dalam 99 Nama-Mu Karya Asma Nadia

NIKI OKTA RIZA, NIM. 312016008 (2020) Analisis Nilai-nilai Religius Dalam Novel Cinta dalam 99 Nama-Mu Karya Asma Nadia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text
312016008_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)

Abstract

Riza, Niki Okta. 2020. Analisis Nilai-nilai Religius dalam Novel Cinta dalam 99 Nama-Mu Karya Asma Nadia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (I) Dra. Mulyati, M.Pd., dan (II) Dra. Ismaiyati, M.Pd. Kata kunci: novel dan nilai religius Latar belakang dalam novel Cinta dalam 99 Nama-Mu karya Asma Nadia merupakan bagian dari seni yang berusaha menampilkan nilai keindahan yang bersifat imajinatif, sehingga mampu memberikan hiburan terhadap pembaca. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai religius apa saja yang terdapat dalam novel Cinta dalam 99 Nama-Mu Karya Asma Nadia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius dalam novel Cinta dalam 99 Nama-Mu Karya Asma Nadia. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan didaktis, dengan cara membaca novel Cinta dalam 99 Nama-Mu Karya Asma Nadia dengan keseluruhan sehingga dapat memahami makna isi ceritanya, membuat sinopsis novel dan menganalisis nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel Cinta dalam 99 Nama-Mu Karya Asma Nadia. kesimpulan dari analisis novel Cinta dalam 99 Nama-Mu Karya Asma Nadia banyak mengandung nilai-nilai religius, diantaranya 1) Hubungan Manusia dengan Allah, meliputi (1) Mendirikan Salat, (2) Mencintai Kitab Allah, (3) Bersyukur Kepada Allah, (4) Berdoa, (5) Tawakal (berserah diri) Kepada Allah. 2) Hubungan Manusia dengan Sesama Manusia, meliputi (1) Memberi Maaf Kepada Orang Lain, (2) Bertutur Kata Yang Baik Kepada Orang Lain, (3) Berbuat Baik Kepada Orang Lain, (4) Kekeluargaan dan Kebersamaan. 3) Hubungan Manusia dengan Alam, meliputi (1) Memanfaatkan Alam, (2) Mengagumi Keindahan Alam Semesta. 4) Hubungan Manusia dengan Diri Sendiri, meliputi (1) Bekerja Keras, (2) Penyesalan. Sebagai penutup penulis menyarankan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan pesan yang baik dan dijadikan sebagai bahan materi pelajaran yang berkaitan dengan sastra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Mulyati, M.Pd. 2. Dra. Ismaiyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: novel dan nilai religius
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2020 06:10
Last Modified: 14 Sep 2020 06:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11586

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.