Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata

Tina Dwi Ratna Sari, NIM. 312016040 (2020) Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016040_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
312016040_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Sari, Tina Dwi Ratna. 2020. Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Orang-Orang Biasa” Karya Andrea Hirata. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (I) Drs. Danto, M.Pd., (II) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. Kata kunci: analisis, nilai pendidikan karakater, novel Latar belakang penelitian ini adalah novel dapat dijadikan sebagai media penanaman nilai pendidikan karakter. Novel ini banyak mengandung nilai pendidikan karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di sekolah. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter apasajakah yang terdapat dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode kualitatif memberikan perhatian terhadap data alamiah, data dalam hubungannya dengan konteks keberadaannya. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian yang bersifat deskriptif pada umumnya data yang berupa kata-kata. Hasil analisis novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata banyak mengandung nilai pendidikan karakter di antaranya: (1) nilai religius (2) jujur (3) disiplin (4) kerja keras (5) kreatif (6) mandiri (7) rasa ingin tahu (8) semangat kebangsaan (9) cinta tanah air (10) menghargai prestasi (11) cinta damai (12) peduli sosial dan (13) tanggung jawab. Kesimpulan dari penelitian ini novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata terdapat tiga belas nilai pendidikan karakter digambarkan melalui kehidupan para tokoh, tingkah laku, perkataan, dan karakter yang ada dalam diri para tokoh. Karakter tokoh yang paling sering muncul dan baik untuk dijadikan contoh adalah tokoh Aini dan Inspektur Abdul Rojali. Nilai pendidikan karakter yang paling baik dijadikan bahan ajar adalah nilai pendidikan karakter yang hadir melalui para tokoh. Saran dari penelitian ini adalah Sikap dan perilaku para tokoh dapat dijadikan contoh untuk menanamkan nilai pendidikan karakter.Diharapkan bagi pembaca dapat memahami nilai pendidikan karakter. Sehingga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti lanjutan.Kepada para penikmat karya sastra, agar memberikan apresiasi para penulis, hal ini penting untuk semakin memotivasi para penulis agar tetap membuat karya-karya yang tidak hanya sebagai media bacaan saja, akan tetapi sebagai media informasi, pendidikan, dan pembelajaran. Yang bisa dinikmati manfaatnya dari generasi kegenerasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: analisis, nilai pendidikan karakater, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:29
Last Modified: 14 Sep 2020 02:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11423

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.