ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL IBU PILIHAN TUHAN KARYA RIZKA AZIZAH

ASRIYANI, NIM.312016054 (2020) ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL IBU PILIHAN TUHAN KARYA RIZKA AZIZAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016054_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
312016054_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

Asriyani. 2020. Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Novel Ibu Pilihan Tuhan Karya Rizka Azizah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd., (II) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. Kata Kunci: analisis, unsur intrinsik, dan novel Latar belakang penelitian ini adalah penelitian yang menganalisis hubungan antar unsur intrinsik sebuah karya sastra yaitu novel. Peneliti menganalisis novel yang berjudul Ibu Pilihan Tuhan karya Rizka Azizal karena mendeskripsikan kehidupan sehari-hari yang menginspirasi para pembacanya, yang merupakan kisah nyata yang dialami seorang ibu. Mulai dari perjuangan seorang wanita yang berstatus sebagai single parent, kasus perceraian, kekerasan psikis yang dialami seorang istri, anak yang tidak sepenuhnya dianggap oleh ayah kandungnya sendiri yang mengalami kebutuhan khusus hingga pada akhirnya anak tersebut berhasil sukses. Masalah dalam penelitian ini adalah unsur-unsur intrinsik apa saja yang terdapat dalam novel Ibu Pilihan Tuhan karya Rizka Azizah. tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik yaitu berupa tema, alur, tokoh dan penokohan, sudut pandang, gaya bahasa, latar/setting dan amanat dalam novel Ibu Pilihan Tuhan karya Rizka Azizah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Ibu Pilihan Tuhan karya Rizka Azizah. Hasi penelitian menunjukkan bahwa unsur intrinsik dalam novel Ibu Pilihan Tuhan karya Rizka Azizah yaitu: (1) tema: tentang perjuangan seorang wanita yang berstatus sebagai single parent yang sukses membesarkan dan mendidik anak berkebutuhan khusus (tunanetra). (2) alur: alur maju, peristiwa diceritakan dari awal-tengah-akhir, secara berurutan mulai dari permulaan, pertingkaian atau konflik, puncak pertingkaian, peleraian, dan akhir. (3) tokoh dan penokohan dalam novel ini memiliki bentuk dan watak yang berbeda-beda, karakter yang dimiliki dasarnya baik. (4) sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah sudut pandang orang pertama. (5) gaya bahasa: yang digunakan dalam novel ini yaitu gaya bahasa metafora, metonimia, hiperbola, alusio, simile, dan personifikasi. (6) amanat yang terdapat dalam novel ini adalah jangan pernah malu mempunyai anak yang memiliki kebutuhan khusus (disabilitas) karena setiap anak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd 2. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd
Uncontrolled Keywords: analisis, unsur intrinsik, dan novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Sep 2020 04:20
Last Modified: 12 Sep 2020 04:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11395

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.