Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII MTs Nurul Islam Bayung Lencir

KLARA EGA ZELLA, NIM. 332016025 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII MTs Nurul Islam Bayung Lencir. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
332016025_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)

Abstract

Zella, Klara Ega. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII MTs Nurul Islam Bayung Lencir. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Drs. Syaifudin, M.Pd. (II) Nyimas Inda Kusumawati. S.Si., M.Pd. Kata kunci : Pengaruh, model pembelajaran explicit instruction, hasil belajar, pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bayung Lencir tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran explicit instruction diperoleh nilai rata-rata 77,64 dan standar deviasinya adalah 11,816. Sedangkan pembelajaran menggunakan metode ekspositori diperoleh nilai rata-rata 59,61 dan standar deviasinya adalah 16,648. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menunjukkan harga t-hitung = 5,298 dan t-tabel = 1,66691 dan ini berarti t-hitung berada dalam daerah penolakan Ho, yang artinya Ha diterima. Ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran explicit instruction dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ekspositori, di mana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran explicit instruction lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode ekspositori. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar matematika materi pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII MTs Nurul Islam Bayung Lencir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Syaifudin, M.Pd. 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model pembelajaran explicit instruction, hasil belajar, pertidaksamaan linear satu variabel.
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2020 06:30
Last Modified: 05 Sep 2020 06:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10930

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.