RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA SEBAGAI ENERGI CADANGAN SAAT PEMADAMAN PLN PADA LABORATORIUM FISIKA FAKULTAS TEKNIK UM-PALEMBANG

Muhammad Hamid Barokah, NIM.132016001 (2020) RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA SEBAGAI ENERGI CADANGAN SAAT PEMADAMAN PLN PADA LABORATORIUM FISIKA FAKULTAS TEKNIK UM-PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text
132016001_BAB II_SAMPAI_BAB TERAHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan yang memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan manusia sehari-hari. Sumber energi listrik yang saat ini dipergunakan oleh masyarakat sebagaian besar berasal dari suplai pembangkit listrik negara (PLN). Pemanfaatan energi terbaharukan merupakan salah satu cara alternatif yang terbaik untuk keperluan cadangan energi pada Laboratorium Fisika apabila terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Tujuan penelitian ini yaitu merancang bangun pembangkit listrik tenaga surya sebagai energi cadangan saat pemadaman PLN di Laboratorium Fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memiliki beberapa tahapan yaitu: 1). Merancang pembangkit listrik tenaga surya dilaboratorium. 2). Proses pemasangan Solar Cell, Solar Charge Controller, Baterai/Aki, Inverter, dan Automatic Transfer Switch. 3). Pengujian dan pengukuaran Arus, Tegangan Pada PLTS. 4). Menghitung dan menganalisa hasil pengukuran PLTS. Karakteristik PLTS ini dipengaruhi oleh kondisi cuaca yang berpengaruh terhadap nilai itensitas cahaya, tegangan (V), arus (A), dan daya yang dapat ditimbulkan. Dari hasil pengukuran didapatkan peningkatan itensitas cahaya matahari pada jam 12:00 WIB sebesar 1310,5 W/m² dengan nilai tegangan 12,4 Volt dan arus 1,43 Ampere.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Sofiah,S.T.,M.T 2. Ir. Muhar Danus,M.T
Uncontrolled Keywords: Energi surya, Solar Cell, Itensitas Cahaya
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Aug 2020 06:48
Last Modified: 31 Aug 2020 06:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/10548

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.