Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Ekskresi Di SMA Negeri 1 Semendawai Barat

Yeni Ismawati, NIM. 342014006 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Ekskresi Di SMA Negeri 1 Semendawai Barat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
342014006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
342014006_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)

Abstract

vi ABSTRAK Ismawati, Yeni. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Ekskresi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Kholillah, M.M. (II) Hj. Ade Kartika, S.Pd. M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Sistem Ekskresi, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMAN 1 Semendawai barat. Saat ini guru harus menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan bagi para siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru perlu menggunakan model pembelajaran yaitu discovery learning yang berpotensi meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dengan materi dan mendorong siswa lebih bertanggung jawab, sehingga menjadikan siswa lebih aktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Semendawai Barat. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Desain penelitian ini menggunakan non equivalen control grup design (desain kelompok kontrol non-equivalen). Berdasarkan analisis hasil perhitungan uji-t tidak berpasangan diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 6,146 sementara df (derajat bebas) sebesar 60 maka nilai ttabel sebesar 17.356 dan nilai signifikansinya adalah 0,000. Jadi 6,146 > 17,356 artinya Ha diterima karena nilai thitung > ttabel dengan nilai probabilitas (sign.) 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Semendawai Barat pada materi sistem ekskresi. Berdasarkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 85,54 lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 76,24.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Hj. Kholillah, M.M 2. Hj. Ade Kartika, S. Pd., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Sistem Ekskresi, hasil belajar
Subjects: Biologi > Fisiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 22 Aug 2020 03:01
Last Modified: 22 Aug 2020 03:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.