PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA GAJAH MADA 3 PALEMBANG

Maratus Soleka, NIM. 342014047 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA GAJAH MADA 3 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
342014047_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text
342014047_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Soleka, Maratus. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA Gajah Mada 3 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Kholillah., M.M., (II) Lia Auliandari., S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan karena siswa kurang mampu memprediksi dan kurang mampu dalam membuat laporan tertulis hasil diskusi pada materi perubahan lingkungan. Penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) menjadi suatu langkah yang efisien untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Gajah Mada 3 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan non-equivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, maka semua populasi penelitian adalah sampel penelitian (kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol). Analisis data yang digunakan untuk ranah pengetahuan adalah Uji t tidak berpasangan, sedangkan untuk ranah sikap dan ranah keterampilan adalah Uji Kolmogorov-smirnov two-sample. Penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran (POE) terhadap hasil belajar ranah pengetahuan pada materi perubahan lingkungan (sig 0,000 < α 0,05/2), ranah sikap aspek bertanggung jawab (sig 0,010 < α 0,05/2) dan aspek bekerja sama (sig 0,001 < α 0,05/2) dan ranah keterampilan siswa berupa menyajikan hasil pengamatan dan diskusi (sig 0,000 < α 0,05/2).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Hj. Kholillah, M.M. 2. Lia Auliandari, S. Si., M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE), Hasil Belajar.
Subjects: Biologi > Ekologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 19 Aug 2020 05:50
Last Modified: 19 Aug 2020 05:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/9760

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.