CARA PEMEROLEHAN PENGETAHUAN DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Rusdy A. Siroj, Rusdy CARA PEMEROLEHAN PENGETAHUAN DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan & Kebudayaan, 9 (43). ISSN 0215-2673

[img] Text
artikel-perolehan pengetahuan.doc

Download (93kB)

Abstract

Pada hakikatnya pembelajaran matematika maupun pelajaran yang lain merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suasana atau memberikan pelayanan agar murid-murid belajar. Dalam menciptakan suasana atau pelayanan itu, hal yang esensial bagi guru adalah memahami bagaimana murid-muridnya memperoleh pengetahuan dari kegiatan belajarnya. Jika guru dapat memahami proses pemerolehan pengetahuan itu, maka ia dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat bagi murid-muridnya. Terjadinya proses belajar pada murid yang sedang belajar memang sulit untuk diketahui secara kasat mata. Hal itu disebabkan terjadinya proses belajar berlangsung secara mental. Namun dari berbagai hasil penelitian atau percobaan, para ahli psikologi dapat menggambarkan bagaimana proses tersebut berlangsung. Para ahli psikologi behavior memandang bahwa peroses belajar terjadi melalui ikatan stimulus-respon, sedangkan psikologi gestalt berpendapat proses pemerolehan pengetahuan didapat dengan memandang sensasi secara keseluruhan sebagai suatu objek yeng memiliki struktur atau pola-pola tertentu., dan para ahli psikologi konstruktivis berpendapat bahwa proses pemerolehan pengetahuan adalah melalui penstrukturan kembali struktur kognitif yang telah dimiliki agar bersesuain dengan pengetahuan yang akan diperoleh sehingga pengetahuan itu dapat diadaptasi. Pandangan-pandang inilah yang—antara lain—mendasari proses pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: RUSDY AS RUSDY AS
Date Deposited: 06 Aug 2020 05:40
Last Modified: 06 Aug 2020 05:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8959

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.