PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI PADA MATERI SEL DI KELAS XI SMA UNGGUL 'AISYIYAH 1 PALEMBANG

EVI RIANI, NIM.342015016 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI PADA MATERI SEL DI KELAS XI SMA UNGGUL 'AISYIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015016_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
342015016_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari penggunaan model pembelajaran. Penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. saat ini guru harus menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) yang dibantu dengan penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai solusi pengajaran dalam materi sel. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan pre-experimental. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa biologi pada materi sel di kelas XI SMA Unggul 'Aisyiyah 1 Palembang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho: tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa biologi pada materi sel di kelas XI SMA Unggul 'Aisyiyah 1 Palembang. Ha: terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa biologi pada materi sel di kelas XI SMA Unggul 'Aisyiyah 1 Palembang. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-posttest Design. Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata pada tes awal adalah 38,26 dan rata-rata tes akhir 77,11. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung adalah 16,14 sementara df didapatkan nilai 25 maka nilai signifikannya adalah 0,000. jadi 16,14>2,0595 artinya Ha diterima karena nilai thitung lebih besar dari ttabel serta nilai signifikannya 0,000 < 0,05. Untuk hasil analisis per indikator soal kognitif dari jawaban siswa didapatkan hasil pada tipe soal C1 pada saat tes awal didapatkan persentase sebesar 1,83 % dan tes akhirnya sebesar 3,01 % untuk tipe soal C2 pada saat tes awal didapatkan persentase sebesar 1,70 % dan tes akhirnya sebesar 2,99 % untuk tipe soal C3 pada saat tes awal didapatkan persentase sebesar 1,18 % dan tes akhirnya sebesar 2,95 % dan untuk tipe soal C4 pada saat tes awal didapatkan persentase sebesar 1,40 % dan tes akhirnya sebesar 2,99 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd 2. Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model, Creative Problem Solving
Subjects: Biologi > Anatomi dan Morfologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:34
Last Modified: 06 Jul 2020 04:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8162

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.