SURPA LATANIA PUTRI, NIM. 342015015 (2020) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK KELAS X DI SMA UNGGUL 'AISYIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342015015_BAB 1_DAPTAR PUSTAKA.pdf Download (724kB) | Preview |
|
Text
342015015_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui 1) karakteristik pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati di SMA Unggul 'Aisyiyah 1 palembang, 2) kelayakan pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati di SMA Unggul 'Aisyiyah 1 palembang, 3) kepraktisan pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati di SMA Unggul 'Aisyiyah 1 palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, model pengembangan yang digunakan adalah model Tessmer yang terdiri dari 2 tahap yaitu preliminary dan tahap formative evaluation. instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar kuesioner, angket, lembar validasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan dicetak dengan kertas ISO HVS ukuran A4 80 gr (210 x 297 mm) terdiri dari 23 halaman, dengan komponen-komponen yaitu cover depan, halaman sampul, halaman identitas, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan LKPD, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, landasan teori, langkah-langkah pembelajaran problem based learning yang terdapat kasus pemecahan masalah dan memiliki 5 langkah pembelajaran yaitu (mengorientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri/kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, analisis dan evaluasi), peta konsep, landasan teori, latihan soal, dan daftar pustaka. 2) validasi dilakukan dosen ahli bahan ajar total skor 163,00 dengan kategori sangat layak, ahli perangkat pembelajaran total skor 89,00 dengan kategori layak, ahli materi total skor 144,00 dengan kategori layak, ahli bahasa total skor 60,00 dengan kategori sangat layak, ahli evaluasi total skor 62,00 dengan kategori sangat layak, & praktisi pendidik total skor 114,00 dengan kategori sangat layak. 3) Uji coba kepraktisan tahap one-to-one total skor 101,33 dengan kategori sangat praktis dan uji coba pada tahap small group total skor 95,22 dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian yaitu bahan ajar berupa LKPD praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dra. Hj. Kholillah, M.M. 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Research and Development (R&D), Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Keanekaragaman Hayati. |
Subjects: | Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 03:59 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 03:59 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8156 |
Actions (login required)
View Item |