PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI JAMUR DI SMA YWKA PALEMBANG

ANITA DAMAYANTI, NIM. 342015019 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI JAMUR DI SMA YWKA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
342015019_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)

Abstract

ABSTRAK Damayanti, Anita. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Jamur di SMA YWKA Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Wardhani, M.Si. (II) Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran problem based learning, hasil belajar, materi jamur Tujuan penelitian mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA YWKA Palembang pada materi jamur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Semester 1 di SMA YWKA Palembang tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 108 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Purposive sampling, sehingga siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 (kelas eksperimen) dan X IPA 2 (kelas kontrol) karena nilai rata-rata raport kedua kelas tersebut tidak jauh berbeda. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji t berpasangan yaitu Paired sampel t-Test melalui program SPSS. Hasil Penelitian adalah terdapat peningkatan aspek pengetahuan yang dilihat dari rata-rata nilai tes akhir yang diperoleh siswa lebih tinggi dibandingkan dengan nilai tes awal yang diperoleh dengan rata-rata sebesar 51,8 meningkat menjadi 76,7 pada tes akhir. Terdapat peningkatan aspek sikap yang dilihat dari persentase rata-rata siswa yang sangat baik melakukan indikator sikap pada pertemuan ke-l yaitu 13,5% dan pada pertemuan kedua menjadi 30,8%. Terdapat peningkatan aspek keterampilan (psikomotorik) yang dilihat dari persentase rata-rata siswa yang sangat baik pada pertemuan ke-1 adalah 12,8%, dan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa sangat meningkat yaitu 43,6%. Hasil uji t diperoleh bahwa nilai thitung (5,653) > nilai ttabel (2,0301), artinya ada perbedaan yang signifikan hasil tes akhir pada kelas eksperimen dan tes akhir pada kelas kontrol, sehingga dikatakan bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi jamur kelas X di SMA YWKA Palembang. Kesimpulan penelitian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasill belajar pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa pada materi jamur di kelas X di SMA YWKA Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Sulton Nawawi,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran problem based learning, hasil belajar, materi jamur
Subjects: Biologi > Mikroba
Biologi > Protozoa
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Jul 2020 03:45
Last Modified: 18 Feb 2021 03:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8127

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.