NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM ANAK-ANAK UPIN DAN IPIN

DARMAWATI, NIM. 622016006 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM ANAK-ANAK UPIN DAN IPIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016006_BAB_I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (986kB) | Preview
[img] Text
622016006_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Darmawati. 622016006. Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Film Anak Anak Upin dan Ipin Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah studi pustaka, yaitu mengumpulkan data dengan membaca, memahami, menelaah dan menganalisis data-data yang telah ditemukan atau mengakses situs-situs internet, televisi maupun yang berkaitan dengan sekripsi ini. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mengungkapkan suatu masalah atau peristiwa sebagaimana adanya. Hasil penelitian ditekankan secara obyektif tentang keadaan yang sebenarnya diobyek yang diteliti. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat yang lebih luas. Pendidikan multikultural merupakan suatu pendidikan yang mengedepankan segenap perbedaan yang ada pada setiap individu manusia, bila tidak dikemas dalam ranah pendidikan dan penyadaran maka akan memiliki potensi yang cukup besar untuk terjadinya konflik antar kelompok, misalnya adanya perbedaan dari masing-masing mereka. Kondisi masyarakat yang beragam, baik dari segi budaya, ras, agama, dan status sosial memungkinkan terjadinya benturan antar budaya, ras, etnik, agama, dan nilai-nilai yang berlaku bagi masyarakat. Nilai-nilai pendidikan multikultural yang ditanamkan diharapkan dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan atau menghindari adanya kasus yang sering terjadi di Indonesia karena dilatarbelakangi oleh perbedaan kultur yang ada dimasyarakat. Nilai-nilai pendidikan multikultural dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan media film animasi Upin dan Ipin anak-anak pada umumnya akan lebih mudah memahami dengan apa yang sering mereka lihat. Film animasi Upin dan Ipin episode Istimewa Hari Ibu, Sayang Kak Ros, Berkebun 1, Basikal Baru, Gong Xi Fa Cai, Esok Hari Raya, dan Deepavali menggambarkan bagaimana kehidupan multikultural yang tentram dan damai, dimana dalam film tersebut menggambarkan bagaimana realitas kehidupan multikultural yang hidup secara damai meskipun dengan latar belakang kultur yang berbeda. Selain itu, dalam film animasi Upin dan Ipin episode Istimewa Hari Ibu, Sayang Kak Ros, Berkebun 1, Basikal Baru, Gong Xi Fa Cai, Esok Hari Raya, dan Deepavali terdapat nilai-nilai pendidikan multikultural yaitu nilai kerjasama, keadilan, kasih sayang, tolong menolong, menghargai, kerja keras, demokrasi dan toleransi. Kata Kunci: Nilai,Pendidikan,Multikultural

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra.Yuslaini, M.Pd. 2. Yuniar Handayani, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Nilai,Pendidikan,Multikultural
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Jun 2020 06:05
Last Modified: 27 Jun 2020 06:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8032

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.