Peranan Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II pada mata pelajaran fiqh (studi kasus Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah I Palembang) Tahun ajaran 2019 / 2020.

Mardiah, NIM. 622016013 (2020) Peranan Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II pada mata pelajaran fiqh (studi kasus Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah I Palembang) Tahun ajaran 2019 / 2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622016013_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Profesi mengajar tidak dapat disamai oleh profesi lain apa pun dalam hal keutamaan dan kedudukan, dan profesi (sebagai) pengajar semakin mulia dan semakin bermanfaat materi ilmu yang diajarkan, semakin tinggi pula kemuliaan dan derajat pemiliknya. Tugas seorang pengajar tidak hanya sebatas menyampaikan materi pelajaran kepada para anak didik saja, bahkan ia merupakan tugas berat dan sulit tetapi akan mudah bagi siapa yang dimudahkan Allah. Hal ini sangat terasa bagi siswa dan siswi kelas II di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 1 Palembang. Fokus dan tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran seorang guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 1 Palembang dan juga melihat faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambatnya dalam proses pembelajaran tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Lapangan (field research). Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu, data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi langsung ke lapangan dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi baik berupa buku, artikel, jurnal dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perana guru di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 1 Palembang sangat berpengaruh sekali di dalam proses belajar mengajar. Terlebih lagi kepada siswa kelas II yang cara belajar mereka masih standar dan kurang memadai itulah perlunya peran seorang guru dalam menigkatkan kualitas belajar mereka agar mereka terbantu dengan adanya guru disamping mereka. Dan Alhamdulillah dengan adanya penelitian ini secara tidak langsung dapat mendorong kembali semangat belajarnya anak-anak di dalam kelas. Kata Kunci: Peranan Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar, Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah I PalembangABSTRAK Profesi mengajar tidak dapat disamai oleh profesi lain apa pun dalam hal keutamaan dan kedudukan, dan profesi (sebagai) pengajar semakin mulia dan semakin bermanfaat materi ilmu yang diajarkan, semakin tinggi pula kemuliaan dan derajat pemiliknya. Tugas seorang pengajar tidak hanya sebatas menyampaikan materi pelajaran kepada para anak didik saja, bahkan ia merupakan tugas berat dan sulit tetapi akan mudah bagi siapa yang dimudahkan Allah. Hal ini sangat terasa bagi siswa dan siswi kelas II di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 1 Palembang. Fokus dan tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran seorang guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 1 Palembang dan juga melihat faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambatnya dalam proses pembelajaran tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Lapangan (field research). Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu, data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi langsung ke lapangan dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi baik berupa buku, artikel, jurnal dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perana guru di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 1 Palembang sangat berpengaruh sekali di dalam proses belajar mengajar. Terlebih lagi kepada siswa kelas II yang cara belajar mereka masih standar dan kurang memadai itulah perlunya peran seorang guru dalam menigkatkan kualitas belajar mereka agar mereka terbantu dengan adanya guru disamping mereka. Dan Alhamdulillah dengan adanya penelitian ini secara tidak langsung dapat mendorong kembali semangat belajarnya anak-anak di dalam kelas. Kata Kunci: Peranan Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar, Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah I PalembangABSTRAK Profesi mengajar tidak dapat disamai oleh profesi lain apa pun dalam hal keutamaan dan kedudukan, dan profesi (sebagai) pengajar semakin mulia dan semakin bermanfaat materi ilmu yang diajarkan, semakin tinggi pula kemuliaan dan derajat pemiliknya. Tugas seorang pengajar tidak hanya sebatas menyampaikan materi pelajaran kepada para anak didik saja, bahkan ia merupakan tugas berat dan sulit tetapi akan mudah bagi siapa yang dimudahkan Allah. Hal ini sangat terasa bagi siswa dan siswi kelas II di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 1 Palembang. Fokus dan tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran seorang guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 1 Palembang dan juga melihat faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambatnya dalam proses pembelajaran tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Lapangan (field research). Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu, data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi langsung ke lapangan dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi baik berupa buku, artikel, jurnal dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perana guru di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 1 Palembang sangat berpengaruh sekali di dalam proses belajar mengajar. Terlebih lagi kepada siswa kelas II yang cara belajar mereka masih standar dan kurang memadai itulah perlunya peran seorang guru dalam menigkatkan kualitas belajar mereka agar mereka terbantu dengan adanya guru disamping mereka. Dan Alhamdulillah dengan adanya penelitian ini secara tidak langsung dapat mendorong kembali semangat belajarnya anak-anak di dalam kelas. Kata Kunci: Peranan Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar, Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah I Palembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. DR.Drs.Antoni.,M.H.I 2. Jamalludin S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peranan Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar, Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah I Palembang
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Jun 2020 03:27
Last Modified: 27 Jun 2020 03:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8011

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.