PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MAKARTI JAYA)

WIDAYANTI, NIM. 622016027 (2020) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MAKARTI JAYA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622016027_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)

Abstract

ermasalahan dalam penelitian ini: Bagaimana Penerapan Metode Mind Mapping di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Makarti Jaya,Bagaimana daya ingat siswa di SMP Negeri 4 Makarti Jaya, dan Bagaimana efektivitas penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan daya ingat siswa dalam pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Makarti Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Makarti Jaya yang berjumlah 114 orang. Dan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 )Minat belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Makarti Jaya terhadap Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Mind Mapping Sangat tinggi. 2) Penerapan metode Mind Maping untuk meningkatkan daya ingat siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Makarti Jaya menunjukkan sudah adanya peningkatan kemampuan daya ingat, menunjukkan perkembangan yang lebih baik dari Siswa dapat mencatat dengan mind mapping secara benar dan baik, siswa juga dapat mengingat dengan cepat materi yang telah dicatat dengan mind mapping. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) bagi guru dapat menjadi referensi mengenai model pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan 2) bagi peserta didik membantu dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih efektif, menyenangkan, dan mudah dipahami serta dapat meningkatkan hasil belajar menjadi lebih ba ik, dan 3) bagi peneliti dapat membantu dapat menambah wawasan tentang cara mengajar yang baik dan disukai oleh peserta didik. Kata kunci : Metode Mind Mapping, Daya Ingat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Azwar Hadi, S,Ag., M.Pd.I 2. Titin Yenni, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Daya Ingat
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 20 Jun 2020 02:33
Last Modified: 20 Jun 2020 02:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7879

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.