YONGKI ADIJAYA, NIM. 622016004 (2020) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622016004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (913kB) | Preview |
|
Text
622016004_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR..pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
Abstract
ABSTRAK Sekripsi dengan judul “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan” ini ditulis oleh Yongki Adijaya dibimbing oleh Bapanda Drs. Abu Hanifah, M. Hum dan Ibunda Nur Azizah, S. Ag,. M. Pd.I Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh gagasan pendidikan modern di Indonesia yang di kembangkan oleh Muhammadiyah yang sejak mulai didirikan hingga saat ini terus menunjukan eksistensinya, keberhasilan dan kemajuan tersebut tentunya tidak lepas dari pemikiran tokoh pendirinya yakni K.H. Ahmad Dahlan. Maka dalam hal ini peneliti akan menguraikan pandangan-pandangan pendidikan Islam yang telah di gagas K.H. Ahmad Dahlan, yang sampai saat ini masih menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan Muhammadiyah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah tujuan pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan? (2) Bagimanakah kurikulum pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan? (3) Bagaimanakah metode pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui Tujuan Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam dan Metode Pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan. Dalam penelitian ini digunakan Metode Dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan transkrip buku-buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen, rapat, lengger, agenda dan sebagainya. Kemudia analisis data menggunakan Deskriptif Analisis metode ini mencoba untuk menganalisis teori dan pemahaman dari suatu realita atau kenyataan untuk mendapatkan data secara logis dan memberikan informasi yang akurat. Setelah penulis mengadakan penelitian kajian dengan metode diatas, memperoleh hasil bahwa: (1) Tujuan Pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan ialah hendaknya pendidikan Islam diarahkan pada usaha membentuk manusia muslim yang berbudi luhur, alim dalam agama, luas pandangan dan paham masalah ilmu keduniaan, serta besedia berjuang untuk kemajuan masyarakat. (2) Kurikulum Pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan ialah Al-Qur’an dan Hadist, membaca, menulis, berhitung, ilmu bumi, dan menggambar. Intinya yaitu integarasi antara ilmu agama dengan ilmu umum. (3) Metode Pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan bercorak kontekstual melalui proses penyadaran. yaitu beliau mau menambah pelajaran selanjutnya apabila para siswa sudah memiliki kesadara dan dapat mepraktekkan langsung. Kata KUnci : Konsep Pendidikan Islam K.H Ahmad Dahlan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Drs.Abu Hanifa,M.Hum 2. Nur Azizah,S.Ag.,M.Pd.i |
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Islam K.H Ahmad Dahlan |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 20 Jun 2020 02:32 |
Last Modified: | 20 Jun 2020 02:32 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7877 |
Actions (login required)
View Item |