YUNI ERNILA, NIM. 622016011 (2020) PENDEKATAN GURU PAI DALAM MENGATASI SISWA YANG KURANG AKTIF SECARA INDIVIDU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622016011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (950kB) | Preview |
|
Text
622016011_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pendekatan Guru PAI Dalam Mengatasi Siwa Yang Kurang Aktif Secara Individu Di SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini apakah bentuk-bentuk pendekatan guru pai dalam mengatasi siswa yang kurang aktif dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pendekatan individu guru pai di SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pendekatan guru pai serta faktor pendukung dan penghambat dan apakah dengan pendekatan guru pai bisa membuat siswa aktif di SMK Muhammaiyah 3 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru pai di SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi atau pengamatan langsung di SMK Muhammadiyah 3 Palembang, wawancara kepada guru pai dan dokumentasi serta teknik analisis data dengan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari observasi , wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Palembang. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pendekatan guru pai dalam mengatasi siswa yang kurang aktif memberikan dampak positif. Siswa lebih senang da aktif dikelas. siswa kurang aktif di smk muhammadiyah 3 Palembang karena: motivasi belajar rendah, mata minus (kesulitan melihat), dan malas belajar. Dengan pendekatan individu yang dilakukan guru pai merupakan satu upaya untuk mengatasi siswa yang kurang aktif. Karena dengan pendekatan individu guru dapat mengetahui penyebab siswa kurang aktif, sehingga guru bisa memberika solusi pada siswa nya. Bentuk pendekatan guru pai di smk muhammadiyh 3 palembang dengan menyesuaikan penyebab siswa tersebut tidak aktif, kemudian guru pai melakukan pendekatan pada siswa tersebut secara personal berkomunikasi dengan siswa tersebut lalu berhasil mencari tahu penyebab siswa tersebut kurang aktif. Setelah mengetahui akar permasalahan siswa lalu guru memberika solusi atau jalan keluar yang disenangi siswa, dari hal yang disenangi itulah guru pai dapat mengatasi permasalahan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Dan didukung juga dengan faktor pendukungnya yaitu guru pai mengajar dengan metode, model dan media pengajaran yang kreatif kata kunci: Pendekatan guru PAI, mengatasi mahasiswa kurang aktif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, 1. Dra. Yuslaini, M.Pd 2. Yuniar Handayani, S.H., M.H. |
Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN GURU PAI, MENGATASI SISWA YANG KURANG AKTIF |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 01:47 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 01:47 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7797 |
Actions (login required)
View Item |