HUBUNGAN PENERAPAN METODE MUROJA’AH MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN KOGNITIF SISWA PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN MUTIARA SUNNAH KELURAHAN KECAMATAN SEBERANG ULU II KOTA PALEMBANG

SRI HERMAYANI, NIM. 622016034 (2020) HUBUNGAN PENERAPAN METODE MUROJA’AH MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN KOGNITIF SISWA PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN MUTIARA SUNNAH KELURAHAN KECAMATAN SEBERANG ULU II KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622016034_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622016034_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berpikir. Kognitif adalah kemampuan berpikir pada manusia. Beberapa ahli psikologi berpendapat bahwa perkembangan kemampuan berpikir manusia tumbuh bersama pertambahan usia manusia. sebagian ahli psikologi berpendapat bahwa perkembangan berpikir manusia dipengaruhi oleh lingkungan sosial dimana manusia hidup. Muraja’ah artinya pengulangan. Muraja’ah secara kontinyu menguatkan hafalan. Muraja’ah secara kontinyu lebih penting daripada hafalan itu sendiri. Muraja’ah secara kontinyu itulah hakikat daripada menghafal. Metode Muroja’ah merupakan salah satu bagian dari metode pembelajaran menghafal Al-Quran yang dilakukan guru dengan cara mengulang-ulang hafalan Al-Qur’an yang telah dihafalkan. Sedangkan kemampuan kognitif adalah kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan untuk beradaptasi dan belajar dari pengalaman hidup sehari-hari Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu, Bagaimana penerapan metode muroja’ah menghafal al-qur’an siswa di PPTQ Mutiara Sunnah?, Adakah Hubungan penerapan metode muroja’ah menghafal al-qur’an siswa di PPTQ Mutiara Sunnah dengan hasil prestasi belajar siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di PPTQ Mutiara Sunnah Palembang yang berjumlah 27 siswa. Jenis data dalam penelitian skripsi ini adalah data kuantitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Kemampuan siswa kelas IV PPTQ Mutiara Sunnah dalam menghafal juz 30 dan sebelum diterapkan metide muroja’ah yaitu hanya 485,5 dan 11 siswa masih belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Oleh karena itu belajar siswa masih cukup rendah dibanding dengan standar nilai yang ditetapkan sekolah. Penerapan metode muroja’ah pada siklus II ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari 485,5 meningkat menjadi 604,3 dan peningkatan dalam penerapannya cukup signifikan. Seorang guru harus meningkatkan kompetensi kependidikannya dengan terus belajar baik dari pengalaman maupun dari pengalaman orang lain. Kata Kunci : Metode Muroja’ah dan Kemampuan Kognif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. DR. Drs. Antoni, M.H.I. 2. Jamalludin, S.Ag., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Metode Muroja’ah dan Kemampuan Kognif
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 13 Jun 2020 06:54
Last Modified: 13 Jun 2020 06:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7784

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.