Akhyar Kilanin, NIM. 612016107 (2020) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JAMAAH HAJI KBIH MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
612016107_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
612016107_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) merupakan salah satu organisasi masyarakat yang bertugas membina, melayani dan melindungi para calon jamaah haji agar dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan syarat dan rukun. KBIH inilah yang berperan penting dalam membantu pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji, memberikan bimbingan kepada calon jamaah haji selama ditanah air dan ditanah suci serta pasca haji untuk meningkatkan kemabrurannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jamaah Haji KBIH Muhammadiyah Palembang dalam mewujudkan jama’ah haji yang mandiri. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan strategi bimbingan manasik haji KBIH Kota Palembang dalam mewujudkan jama’ah haji yang mandiri. Teknik pengambilan data meliputi observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari pembahasan:Pertama meningkatkan kualitas sdm di kbih muhammadiyah palembang, kedua menerapkan kembali fungsi manajemen, ketiga mempersiapkan dan menetapkan pembimbing yang berkualitas dan kompeten di bidangnya, keempat menyusun buku materi bimbingan manasik haji secara komprehensif, kelima memberikan manasik dengan layanan door to door, keenam menyelenggarakan praktek manasik haji di asrama haji. Faktor penghambat pelayanan bimbingan manasik haji di KBIH Muhammadiyah Kota Palembang adalah kurangnya tenaga teknis dilapangan, tidak ada pembimbing yang menjadi pendamping jamaah di tanah suci, kurangnya informasi dan komunikasi pengurus KBIH dengan Kementerian Agama sehingga ketinggalan info – info terbaru berkaitan dengan pelaksanaan Haji, sehingga jamaah kurang mendapatkan informasi, serta fasilitas kantor yang kurang dari standar, Sedang faktor kelemahannya yaitu kurang aktif dalam penggunaan sistem digitalisasi atau media sosial, dan tidak ada evaluasi kemandirian jama’ah haji yang standar. Kata kunci: Strategi, Kualitas, Pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, 1. Helyadi, S.H., M.H. 2. Idmar Wijaya, S.Ag., M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kualitas, Pelayanan. |
Subjects: | Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 11 Apr 2020 04:57 |
Last Modified: | 11 Apr 2020 04:57 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/7508 |
Actions (login required)
View Item |