NADILA APRIANTI, NIM. 332015032 (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGAPLIKASIAN GEOGEBRA TERHADAP MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP INSAN CENDIKIA SRIWIJAYA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332015032_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
332015032_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Aprianti N. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pengaplikasian Geogebra Terhadap Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas Viii Di Smp Insan Cendikia Sriwijaya Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata Satu (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pelembang. Pembimbing: (1) Drs. Sunardi, M.Pd., (II) Nyimas Inda Kusumawati, S.Si.,M.Pd Kata Kunci: Hasil belajar, Geogebra, SPLDV Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya meningkatan hasil belajar Siswa Dengan Pengaplikasian Geogebra Terhadap Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Insan Cendikia Sriwijaya Palembang?, (2) Bagaimana respon Siswa Dengan Pengaplikasian Geogebra Terhadap Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Insan Cendikia Sriwijaya Palembang? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatan hasil belajar Siswa Dengan Pengaplikasian Geogebra Terhadap Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Insan Cendikia Sriwijaya Palembang.(2)Untuk mendeskripsikan bagaimana respon siswa terhadap Pengaplikasian Geogebra dengan Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Insan Cendikia Sriwijaya Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII.2 SMP Insan Cendikia Sriwijaya Palembang yang berjumlah 26 siswa pada semester ganjil 2019/2020. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data observasi, tes dan angket. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh bahwa: (1) berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi KKM ≥ 75 berjumlah 16 siswa atau 61,50% telah tuntas belajar dan 10 siswa atau 38,50% yang belum tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 21 siswa atau 80,76% yang telah mencapai KKM yaitu ≥75 dan 5 siswa atau 19,23% yang belum tuntas belajar. yang berarti hasil belajar pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.2 di SMP Insan Cendikia Sriwijaya Palembang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Drs. Sunardi, M.Pd 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si.,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Geogebra, SPLDV |
Subjects: | Matematika > Aljabar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 06:38 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 06:38 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6950 |
Actions (login required)
View Item |