Marini, 332015011 (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI KUADRAT SISWA SMA KELAS X. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332015011_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (681kB) | Preview |
|
Text
332015011_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR .pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
Abstract
Marini. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Fungsi Kuadrat Siswa SMA Kelas X. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Dr. H. Rusdy A. Siroj, M.Pd., (2) Amrina Rizta, S.Si., M.Pd Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Fungsi Kuadrat. Berdasarkan data pada pamer UN, persentase siswa menjawab benar pada UN Matematika IPA dibeberapa tahun terakhir materi fungsi kuadrat ini cenderung rendah menjadi sebab rendahnya nilai matematika siswa adalah siswa belum memahami konsep fungsi kuadrat itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fungsi kuadrat siswa SMA Kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Unggulan Negeri di Kecamatan Plaju dan Kecamatan SU II dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa di kelas X IPA dengan prestasi yang baik dibidang akademik maupun non-akademik. Data dikumpulkan dengan melakukan tes tertulis berupa pemberian soal essay sebanyak 4 buah soal dan juga dokumentasi. Setelah dilakukan analisis pada hasil jawaban siswa, pemahaman konsep fungsi kuadrat siswa SMA kelas X dikategorikan cukup dengan persentase rata-rata sebesar 63,825%. Persentase yang kurang dari rata-rata adalah indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu 49,24% dikategorikan kurang, indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep yaitu 57,2% dikategorikan cukup serta indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup yaitu 30,87% dikategorikan gagal. Sedangkan persentase diatas rata-rata terdapat pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep yaitu 84,28% dikategorikan baik sekali, indikator memberi contoh dan non-contoh dari suatu konsep yaitu 84,09% dikategorikan baik sekali, serta indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu yaitu 77,27% dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. H. Rusdy A. Siroj, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Fungsi Kuadrat. |
Subjects: | Matematika > Aljabar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 04:23 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 04:23 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6923 |
Actions (login required)
View Item |