PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGMATERI BALOK DI KELAS VIII MTsAL-AKBAR 1 SIDOMULYO

Fitriah Nurbaiti, 332015006 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGMATERI BALOK DI KELAS VIII MTsAL-AKBAR 1 SIDOMULYO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015006_BAB I_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
332015006_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nurbaiti, Fitriah. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Balok Di Kelas VIII MTs Al-Akbar 1 Sidomulyo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Drs. H. Muslimin Tendri, M.PD., (II) Luvi Antari, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berbasis pendekatan CTL kelas VIII MTs serta mengetahuhi efek potensial dari penggunaan LKPD yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik. Peserta didik sebagai salah satu komponen dalam pembelajaran memiliki karakter yang berbeda-beda dalam memahami dan menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. LKPD merupakan sarana pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan ketelibatan atau aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar. Pengaitan materi ke dalam kehidupan nyata membuat peserta didik akan memperoleh pengalaman dan tidak hanya dengan menghafal, sehingga akan memberikan pengetahuan yang bermakna bagi peserta didik untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan LKPD berbasis CTL dengan mengaitkan Salah satu ayat dalam Al-Qur’an pada pembelajaran matematika. Masalah penelitian ini (1) Bagaimana LKPD berbasis pendekatan CTL pada materi balok untuk peserta didik kelas VIII yang valid dan praktis ? (2) Bagaimana efek potensial LKPD berbasis pendekatan CTL pada materi balok ?. Dua tahap besar dalam penelitian pengembangan yaitu : (1) preliminary (2) selfEvaluation. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII.B MTs Al-Akbar 1 Sidomulyo yang berjumlah 22 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis produk, diperoleh bahan ajar yang valid dan praktis. Valid terlihat dari hasil penilaian dari ahli (validator) materi, media/tampilan LKPD, dan bahasa. LKPD berdasarkan materi (aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian, dan aspek penilaian CTL), Media/tampilan (aspek kelayakan kegrafikan yang meliputi ukuran LKPD, desain sampul LKPD, dan desain isi LKPD), dan bahasa (aspek kelayakan bahasa). Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian peserta didik pada uji coba smallgroupdimana peserta didik dapat menyelesaikan LKPD yang diberikan. Berdasarkan analisis data hasil belajar nilai rata-rata peserta didik adalah 87 yang berarti hasil belajar peserta didik tergolong dalam kategori baik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan LKPD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd. 2. Luvi Antari, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Contextual Teaching and Learning (CTL).
Subjects: Matematika > Ilmu Ukur (Geometri)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:38
Last Modified: 12 Mar 2020 03:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6829

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.