PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INQUIRY MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI SMP KELAS IX

DINA AFRIYANTI, 332015020 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INQUIRY MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI SMP KELAS IX. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015020_BAB I_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text
332015020_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Afriyanti, Dina. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inquiry Materi Persamaan Kuadrat Di SMP Kelas IX. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. H. Syaifudin, M.Pd., (II) Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : pengembangan, lembar kerja peserta didik, inquiry, persamaan kuadrat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis inquiry materi persamaan kuadrat di SMP kelas IX yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (development research). Pengembangan LKPD ini dilakukan mengikuti dua tahap utama development research yaitu tahap preliminary dan tahap pendesainan LKPD, selanjutnya tahap formative evaluation yang terdiri dari self evaluation (penilaian sendiri), expert review (validasi pakar berdasarkan materi, media, dan bahasa), one-to-one (uji coba 3 peserta didik yang merupakan subjek penelitian tetapi bukan uji coba kelas penelitian), small group (uji coba 6 peserta didik yang merupakan subjek penelitian tetapi bukan uji coba kelas penelitian) dan field test (uji coba pada subjek penelitian). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 7 Palembang yang berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh LKPD yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar. Valid terlihat dari hasil penilaian dari ahli (validator) yang menyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah baik, berdasarkan materi (aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian dan aspek penilaian inquiry), media (aspek kelayakan kegrafikan meliputi ukuran LKPD, desain sampul LKPD dan desain isi LKPD) dan bahasa (aspek kelayakan kebahasaan). Praktis terlihat dari hasil uji coba small group dimana peserta didik dapat menggunakan LKPD dengan mudah. Efek potensial dapat dilihat dari hasil tes belajar peserta didik. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai rata-rata akhir peserta didik yaitu 75,53 yang berarti hasil belajar peserta didik tergolong kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inquiry materi persamaan kuadrat di SMP kelas IX memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Syaifudin, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pengembangan, lembar kerja peserta didik, inquiry, persamaan kuadrat.
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:35
Last Modified: 12 Mar 2020 03:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.