PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA DI KELAS VIII SMP

NOVIA WIDIATI, NIM. 332015009 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA DI KELAS VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332015009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (915kB) | Preview
[img] Text
332015009_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)

Abstract

Kata Kunci: pengaruh, pembelajaran berbasis masalah, kemampuan penalaran Matematika adalah ilmu yang berdiri sendiri dan semuanya berkenaan dengan ide-ide atau konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hirarkis. Penalaran memiliki peran penting sebagai kemampuan dasar matematika. Guru harus bisa mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematika. Jika peserta didik hanya memindahkan materi yang diajarkan oleh guru, maka kemampuan penalaran matematika peserta didik tidak berjalan dengan baik. Permasalahan yang ada peserta didik terbiasa menyelesaikan soal-soal rutin meniru contoh yang diajarkan oleh guru. Upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika harus ada model pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik untuk mengembangkan daya nalar yang baik yaitu dengan model pembelajaran berbasis masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan penalaran matematika pada materi barisan dan deret Aritmetika di kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang?”. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan penalaran matematika pada materi barisan dan deret Aritmetika di kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Patra Mandiri 2 Palembang dengan sampel kelas sebagai kelas eksperimen dan Kelas sebagai kelas kontrol. Dari perhitungan hasil kemampuan penalaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah didapatkan nilai rata-rata ̅ = 75,84 dan simpangan baku . Sedangkan hasil kemampuan penalaran yang tanpa model pembelajaran berbasis masalah didapat nilai rata-rata ̅ = 61,36 dan simpangan baku adalah . Setelah datanya dianalisis, maka berdasarkan analisis hasil perhitungan didapat nilai rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang mana kedua nilai rata-rata tersebut terdapat perbedaan. Berdasarkan analisis hasil perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh untuk dan dk = 38 didapat jadi maka ditolak diterima. Dari pengujian yang menyatakan “ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematika pada materi barisan dan deret aritmetika di kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang”, diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing (I). Drs. Syaifudin, M.Pd., Pembimbing (II). Nyimas Inda K, S.Si.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengaruh, pembelajaran berbasis masalah, kemampuan penalaran
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Mar 2020 02:49
Last Modified: 07 Mar 2020 02:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6648

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.