Pengembangan Modul Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Plantae Kelas X Semester Genap

Dwi Yuliani, NIM. 342015051 (2019) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Plantae Kelas X Semester Genap. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
342015051_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342015051_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Yuliani, Dwi. 2019. Pengembangan Modul Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Plantae Kelas X Semester Genap. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (SI). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si, (II) Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd. kata kunci: modul biologi, keterampilan berpikir kritis, plantae. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik pengembangan modul biologi berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi plantae kelas x semester genap.: (2) kelayakan modul biologi berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi plantae kelas x semester genap berdasarkan dosen ahli dan guru sebagai praktisi,; (3) kepraktisanmodul biologi berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi plantae kelas x semester genap berdasarkan respon peserta didik. Produk yang disusun berupa modul. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Validasi produk ini dilakukan oleh empat orang dosen ahli validasi dan tiga orang guru biologi di SMA Negeri 4 Palembang sebagai praktisi.Uji coba terbatas dilakukan oleh 15 orang peserta didik.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, kuesioner, angket, validasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan rumus dari Aiken’s V dan rumus azwar dengan bantuan microssoft excel. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) karakteristik modul yang dikembangkan dicetak dengan menggunakan kertas A4. Modul tersebut terdiri dari cover, halaman judul, halaman Identitas, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, petunjuk penggunaan modul, indikator keterampilan berpikir kritis, soal kegiatan, materi plantae, latihan, rangkuman, refleksi diri, daftar pustaka, glosarium, dan pedoman jawaban.; (2) modul biologi berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi plantae kelas X semester genap dikatakan sangat layak ditinjau dari hasil validasi.; dan (3) hasil respon kepraktisanoleh peserta didik saat di lapangan dinyatakan dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: modul biologi, keterampilan berpikir kritis, plantae.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:31
Last Modified: 10 Feb 2020 05:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.