PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI JAMUR DIVISI ZYGOMYCOTA PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 9 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019

SOLEHA, NIM. 342014127 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI JAMUR DIVISI ZYGOMYCOTA PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 9 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014127_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014127_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran, Mastery Learning, Hasil Belajar Siswa, Jamur Divisi Zygomycota Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mastery Learning terhadap hasil belajar siswa materi jamur divisi Zygomycota pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 9 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X3 semester 1 di SMA Negeri 9 Palembang tahun ajaran 2018/2019. Cara pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan. Berdasarkan analisis data penelitian uji paired simple test kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mastery Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi semester 1 kelas X di SMA Negeri 9 Palembang tahun ajaran 2018/2019 pada materi Jamur Divisi Zygomycota namun berdasarkan data uji independent simple test tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar postes kelas eksperimen dengan postes kelas kontrol. Pengaruh hasil belajar antara pretest dan posttest kelas eksperimen dilihat dari nilai correlation yaitu 0,992 = 0,44 (44%). Pengaruh tingkat hasil belajar antara pretest dan posttest kelas kontrol dilihat dari nilai correlation yaitu 0,342 = 0,58 (58%). Hasil pengamatan penilaian penilaian sikap kategori baik dengan rata-rata persentase 66,07%. Hasil pengamatan penilaian keterampilan indikator terampil dengan rata-rata persentase 55,155%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: (1) Hendra, S.Pd., M.Si., (II) Rindi Novitri Antika, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran, Mastery
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 21 Jan 2020 01:42
Last Modified: 21 Jan 2020 01:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6179

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.