PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN CRITICAL THINKING SKILL PADA MATERI EKOLOGI KELAS X DI SMA

Sella Aryanti, NIM. 342015063 (2019) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN CRITICAL THINKING SKILL PADA MATERI EKOLOGI KELAS X DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015063_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (907kB) | Preview
[img] Text
342015063_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Aryanti, Sella. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Model Guided Inquiry untuk Mengembangkan Critical Thinking Skill pada Materi Ekologi Kelas X di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd. kata kunci: modul, model guided inquiry, critical thinking skill, ekologi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Karakteristik modul berbasis guided inquiry untuk mengembangkan critical thinking skill pada materi ekologi kelas X di SMA, (2) Kelayakan produk modul berbasis guided inquiry untuk mengembangkan critical thinking skill pada materi ekologi kelas X di SMA. dan (3) Keterbacaan produk modul berbasis guided inquiry untuk mengembangkan critical thinking skill pada materi ekologi kelas X di SMA. Produk yang disusun berupa modul. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini dengan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Validasi produk dilakukan oleh empat dosen ahli dan dua guru biologi di SMA Negeri 1 Palembang. Uji coba terbatas dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palembang dengan jumlah 15 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, kuesioner, angket, validasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif kualitatif dengan menggunakan statistik Aiken’s V dan program microsoft excel. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) karakteristik produk yang dikembangkan yaitu modul berbasis model guided inquiry untuk mengembangkan critical thinking skill pada materi ekologi semester genap, produk ini dicetak menggunakan kertas ukuran A4. Modul ini terdiri dari halaman sampul, halaman identitas, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, kegiatan pembelajaran model guided inquiry yang dihubungkan dengan critical thinking skill, tes formatif, glosarium, daftar pustaka dan pedoman jawaban modul, (2) modul berbasis model guided inquiry untuk mengembangkan critical thinking skill pada materi ekologi semester genap dikatakan layak ditinjau dari hasil validasi materi, bahan ajar, perangkat pembelajaran, evaluasi, dan bahasa, dan (3) hasil respon kepraktisan produk modul biologi di lapangan dinyatakan dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: modul, model guided inquiry, critical thinking skill, ekologi.
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:39
Last Modified: 27 Nov 2019 03:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6099

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.