PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG

DAWINTA MILA SARI, NIM. 342014115 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014115_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text
342014115_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)

Abstract

Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Siswa. Penelitian pengaruh ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan LKPD pada materi keanekaragaman hayati terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Palembang. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan one group pretest posttest design. Sampel yang digunakan satu kelas dengan jumlah 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen dengan diberi perlakuan menggunakan model think pair share. Instrument yang digunakan yaitu lembar wawancara, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar tes pretest-posttest dan LKPD. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar kognitif siswa yaitu lembar tes pretest-posttest berbentuk soal pilihan ganda dengan berbantuan LKPD. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa dengan didukung oleh hasil uji hipotesis dengan hasil nilai asymp. Sign (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak artinya model pembelajaran think pair share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA muhammadiyah 3 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing (1) Dr. Sri Wardhani, M.Si. (II) Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:55
Last Modified: 25 Nov 2019 04:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.