Siti Nurfadhillah, NIM. 612015010 (2019) PERAN PEMUDA TARBIYAH MASA KINI DALAM PERSPEKTIF DAKWAH (Studi Kasus Terhadap Mentoring di Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
612015010_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (970kB) | Preview |
|
Text
612015010_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (964kB) |
Abstract
Perkembangan pemuda dari zaman ke zaman sangat menurun, sejak lahirnya pemuda pada masa Rasulullah hingga pemuda masa kini terutama bagi pemuda tabiyah. Perkembang itu diimbangi dengan metode pendidikan yang berbeda dan aktivitas berbeda. Sistem pendidikan pada masa Rasulullah, pemuda diberikan pelajaran langsung oleh Rasulullah. Sehingga kualitas pendidikan terjamin dan memicu pemuda untuk produktif serta berkontribusi dalam pemerintahan dan dakwah. Melihat pemuda masa kini yang cenderung tidak memanfaatkan waktu mudanya, berleha-leha dan lalai terhadap dirinya. Hal ini menjadi tujuan utama dalam penelitian ini. Maka penulis mengambil rumusan masalah untuk penelitian ini. Pertama, bagaimana peran pemuda masa kini dalam persefektif dakwah sesuai dengan kegiatan kajian mentoring di Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kedua, apa saja strategi menjadi pemuda produktif dalam persefektif dakwah, dengan meneladani sikap dan sifat pemuda di zaman Rasulullah sesuai dengan kegiatan kajian mentoring di Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dalam penelitian ini penulis menganalisi data yang diperoleh dengan menggunakan teknik deskripstif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Deskripstif kuantitatif merupakan suatu analisis untuk menggambarkan data yang diperoleh dari informan setelah melakukan wawancara. Deskriptif kualitatif merupakan suatu analisis penyederhanaan data dalam bentuk lebih praktis untuk dibacaa dan diinterprestasikan, yaitu diadakan pemisahan sesuai dengan masing-masing data, kemudian dianalisis dengan menguraikan, menjelaskan dan memberi interprestasi secukupnya. Sehingga, data tersebut dapat di ambil pengertian dan kesimpulan sebagai hasil penelitian. Melalui penelitian ini, maka pemuda masa kini dapat menyadari akan perannya sebagai seorang pemuda generasi bangsa. Melalui kajian mentoring, pemuda diberikan wawasan dan arahan agar seorang pemuda dapat berperan dalam dakwah. Terutama dakwah melalui kajian mentoring dengan cara mencari binaan atau anggota baru untuk di mentor olehnya. Adapun strategi pemuda agar menjadi produktif di usia muda melalui kajian mentoring di antaranya: pertama, seorang pemuda harus melakukan perencanaan, kedua, pemuda dapat melakukan pelaksanaan kegiatan mentoring, ketiga, melakukan evaluasi kegiatan dan yang terakhir, mengadakan kegiatan seperti seminar guna memicu minat pemuda untuk ikut kegiatan mentoring. Dengan kegiatan kajian mentoring ini, pemuda dapat di arahkan dan dikembangkan sesuai dengan skill atau kemapuannya masing-masing. Selain itu, pemuda juga akan diberikan pengajaran atau motivasi kegamaan yang dapat di ambil dari kisah perjalanan sahabat Rasulullah maupun dari Rasulullah itu sendiri. Kata Kunci: Pemuda, Produktif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, 1. Azwar Hadi, S.Ag., M,Pd.I 2. M. Jauhari, S.E., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Pemuda, Produktif |
Subjects: | Komunikasi Penyiaran Islam > Masyarakat dakwah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 02:43 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 02:43 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5986 |
Actions (login required)
View Item |