STUDI ANALISIS PERSEPSI GURU BIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA PALEMBANG TERHADAP PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (PK) DAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (TPK) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

MONICA PUJA KUSUMAWATI, NIM. 342015062 (2019) STUDI ANALISIS PERSEPSI GURU BIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA PALEMBANG TERHADAP PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (PK) DAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (TPK) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015062_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
342015062_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)

Abstract

kata kunci: pedagogical knowledge (PK), dan technological pedagogical knowledge (TPK). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru biologi SMA Muhammadiyah se-kota Palembang terhadap Pedagogical Knowledge (PK) dan Technological Pedagogical Knowledge (TPK) pada pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa: (1) lembar angket, (2) lembar wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian dilakukan di tiga sekolah antara lain: (1) SMA Muhammadiyah 3 Palembang, (2) SMA Muhammadiyah 4 Palembang, dan (3) SMA Muhammadiyah 5 Palembang. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu: Rerata Measure Pedagogical Knowledge (PK) bernilai logitnya yaitu 1,96. Jika dilihat skor setiap butir pernyataan maka butir pernyataan dengan butir pernyataan tertinggi adalah butir pernyataan dengan kode P13 yaitu guru melakukan remidi kepada siswa jika di bawah KKM, dan jika dilihat skor dengan butir pernyataan terendah adalah butir pernyataan dengan kode P2 yaitu guru hanya menggunakan satu metode dalam pembelajaran. Respon yang paling banyak didapatkan dari butir pernyataan yaitu respon baik. Sedangkan Technological Pedagogical Knowledge (TPK) rata-rata yang didapatkan bernilai logitnya adalah 1,14. Jika dilihat skor setiap butir pernyataan maka butir pernyataan dengan butir pernyataan tertinggi adalah butir pernyataan dengan kode T9 yaitu guru dapat menyesuaikan penggunaan antara teknologi dan materi yang akan dipelajari pada kegiatan pembelajaran, dan jika dilihat skor dengan butir pernyataan terendah adalah butir pernyataan dengan kode T2 yaitu guru masih menggunakan buku literatur dalam mengajar di dalam kelas. Respon yang paling banyak di dapatkan dari butir pernyataan yaitu respon baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I) Drs. Nizkon., M.Si. (II) Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pedagogical knowledge (PK), dan technological pedagogical knowledge (TPK).
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:23
Last Modified: 11 Nov 2019 03:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5971

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.