Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Perubahan Lingkungan

AMELIA, NIM. 342015071 (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Perubahan Lingkungan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015071_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342015071_BAB II _BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)

Abstract

ABSTRAK Amelia. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Perubahan Lingkungan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si., (II) Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: instrumen penilaian, keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan instrumen penilaian yang divalidasi oleh dosen ahli, karakteristik instrumen penilaian, dan tingkat persentase keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan adaptasi dari McIntire. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, kuesioner, soal pilihan ganda beralasan, dan lembar angket validasi. Validasi dilakukan oleh 4 validator ahli; 1) ahli evaluasi, 2) ahli materi, 3) ahli bahasa, 4) ahli praktisi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggun k n st tistik Aiken’s V d n An lisis ku ntit tif menggun k n model R sch bantuan aplikasi program Winsteps. Hasil Penelitian ini berupa instrumen penilaian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis berbentuk pilihan ganda beralasan. Produk akhir berupa soal dari uji coba ke-1 dan uji coba ke-2 berjumlah 29 butir soal dinyatakan valid dengan kriteria sangat tinggi. Karakteristik instrumen penilaian ini ialah mengukur keterampilan berpikir kritis bukan hanya terbatas pada penguasaan materi tetapi dari penalaran argumen jawaban siswa. Tingkat persentase keterampilan berpikir kritis siswa sekitar 37,66% yang artinya masih rendah. ABSTRACT Amelia. 2019. Development of Assesment Instruments to Measure Thinking Skills of Class X Students on Environmental Change Materials. Thesis. Biology Education Study Program. Undergraduate Program (S1) Faculty of Teacher Training and Education. Palembang Muhammadiyah University. Supervisor: (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si, (II) Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd. keyword: consideration instruments, critical thinking skills. This study aims to understand the validity of the Assessing instruments validated by expert instructors, ssessing the instruments, nd ssessing students’ critic l thinking competencies. This research is research and development. Products developed in the form of instruments for assessing critical thinking skills. Development is carried out using the adaptation development model of McIntire. Data collection instrument used were interviews, questionnaires, reasonable multiple-choise questions, and validation questionnaire sheets. Validation is carried out by 4 expert validators; 1) evaluation expert, 2) material expert, 3) linguist, 4) practitioner. Data analysis techniques used qualitative analysis using Aiken V statistic and quantitative analysis using the Rasch model with the help of the Winsteps program application. The results of this study are an assessment instrument of measuring reasoned multiple choice critical skills. The final product includes test questions 1 and trial 2. The characteristics of this assessment instruments measure only limited to the mastery of the material but from the reasoning of student answers. The percentage level of critical understanding of students is around 37,66% which means that it is still low.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, keterampilan berpikir kritis.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:59
Last Modified: 08 Nov 2019 03:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5963

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.