PERSEPSI GURU BIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA PALEMBANG TERHADAP CONTENT KNOWLEDGE (CK) DAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

ERIKA RUSLIANA DEWI, NIM. 342015054 (2019) PERSEPSI GURU BIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA PALEMBANG TERHADAP CONTENT KNOWLEDGE (CK) DAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015054_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
342015054_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

kata kunci: persepsi guru biologi, content knowledge (ck), pedagogical content knowledge (pck) Landasan berpikir seorang guru untuk mengajar tidak cukup hanya memahami konten materi, tetapi juga harus tahu tentang bagaimana cara mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru biologi SMA Muhammadiyah se-kota Palembang terhadap Content Knowledge (CK) dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada pembelajaran biologi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Muhammadiyah se-Kota Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah: SMA Muhammadiyah 2 Palembang, SMA Muhammadiyah 8 Palembang, SMA Muhammadiyah 9 Palembang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari total populasi. Subjek penelitian adalah guru biologi. Instrumen yang digunakan menggunakan lembar wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model RASCH dengan bantuan program Winstep versi 3.73. Berdasarkan hasil analisis perhitungan model RASCH diperoleh bahwa pada nilai logit item measure pada variabel Content Knowledge (CK) guru diketahui bahwa terdapat empat kategori sangat kurang, sembilan kategori kurang, enam kategori baik, dan lima kategori sangat baik. Sedangkan untuk variabel Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru diketahui bahwa terdapat empat kategori sangat kurang, tiga kategori kurang, tujuh kategori baik, dan dua kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap variabel Content Knowledge (CK) pada pembelajaran biologi termasuk dalam kategori kurang dan persepsi guru terhadap variabel Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada pembelajaran biologi termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I) Drs. Nizkon, M.Si. (II) Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: persepsi guru biologi, content knowledge (ck), pedagogical content knowledge (pck)
Subjects: Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Nov 2019 04:31
Last Modified: 04 Nov 2019 04:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.