DESAIN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, DAN SATISFACTION) PADA MATERIVIRUS DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

FITRI MULYANA, NIM. 342015023 (2019) DESAIN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, DAN SATISFACTION) PADA MATERIVIRUS DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (905kB) | Preview
[img] Text
342015023_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

kunci: pengembangan, modul, development research, Fenomena dalam penggunaan buku ajar buku ajar di sekolah saat ini banyak menekankan pada aspek pengetahuan saja kebanyakan guru hanya menggunakan buku ajar yang telah disediakan pihak sekolah yang sifatnya masih umum, Penggunaan internet, handout, LKS juga sering digunakan dalam pembelajaran. Namun untuk penggunaan modul sendiri belum pernah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui karakteristik modul berbasis model pembelajaran ARIAS, 2) Mengetahui kelayakan modul berbasis model pembelajaran ARIAS, dan 3) Mengetahui efektifitas penggunaan modul berbasis model pembelajaran ARIAS pada materi virus. Metode penelitian yang digunakan adalah development research dengan menggunakan model Tessmer yang terdiri dari dua tahapan yaitu preliminary dan formative evaluation. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Karakteristik Modul berbasis model pembelajaran ARIAS pada materi virus yangdiintegrasikan dengan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, interest, assesment dan satisfaction).(2) Hasil validasi Ahli materi diperoleh nilai 65>60 yang artinya modul termasuk kategori sangat layak, hasil validasi ahli media diperoleh nilai 42>39 yang masuk pada kategori sangat layak, hasil validasi bahasa di peroleh nilai 38>30 termasuk pada kategori sangat layak. Pada tahap one-to-one diperoleh nilai 48>42 Yang Artinya Modul Sangat Praktis, pada tahap small group diperoleh nilai 49>42 yang artinya modul sangat layak (3) Efektifitas Modul berbasis model pembelajaran ARIAS pada materi virus diperoleh hasil rata-rata nilai posttest seluruh siswa adalah 86,21 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I) Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. (II) Erie Agusta, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, development research
Subjects: Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 28 Oct 2019 06:14
Last Modified: 28 Oct 2019 06:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5901

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.