PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

SUSTINAH, NIM. 622015036 (2019) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622015036_BAB 1_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
622015036_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

Skripsi dengan judul, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Palembang”, ini di tulis oleh Sustinah, NIM : 622015036. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengajarkan membaca Al-Qur’an bagi setiap orang tua kepada anaknya, karena sejak usia dini anak harus sudah diajarkan membaca Al-Qur’an. Namun belakangan ini ditengah masyarakat yang hidup dengan gaya modern sering melupakan pentingnya pembelajaran Al-Qur’an kepada anak. Salah satu jalan yang dilakukan oleh para orang tua adalah memasukan anaknya ke lembaga pendidikan untuk meringankan tugas sebagai orang tua. Sehingga mereka menaruh kepercayaan penuh kepada pihak sekolah untuk membimbing anaknya. Di sinilah guru agama Islam di tuntut untuk memainkan peranannya dengan sebaik-baiknya agar tercapai tujuan. Seorang guru agama harus kreatif dan inovatif dalam mensiasati perkembangan zaman yang semakin hari semakin membuat anak jauh dari Al-Qur’an. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian studi kasus yang mendukung deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas VII.U2 dan guru pengajar baca tulis Al-Qur’an. Adapun langkah-langkah yang di gunakan dalam menganalisa data yaitu mereduksi data yang kemudian disajikan dalam bentuk teks naratif dilengkapi dengan bagan atau tabel serta verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Palembang, Apa faktor penyebab kesulitan guru dalam mengajar Baca Tulis Al- Qur’an kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Palembang, serta bagaimana strateginya, dan bagaimana metode guru dalam pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Palembang berjalan dengan baik, adapun faktor penyebab kesulitan guru dalam mengajar baca tulis Al-Qur’an di karenakan kurangnya minat siswa dalam belajar, kurangnya motivasi dari keluarga, faktor pergaulan/ lingkungan, sekolah asal siswa belajar dan alokasi waktu yang terbatas. Strateginya mengadakan progran cinta Qur’an dan metode yang di gunakan metode iqra, menulis,hafalan dan lain-lain. kata kunci: peranan guru, alquran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Mustofa, S.Ag., M.Pd.I 2. Yahya, Lc., M.P.I
Uncontrolled Keywords: peranan guru, alquran
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Oct 2019 03:51
Last Modified: 19 Oct 2019 03:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5805

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.