AMINAH, NIM. 612015026 (2019) STRATEGI DAKWAH DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK TAMAN KANAKKANAK MANDIRI JAKABARING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
612015026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (853kB) | Preview |
|
Text
612015026_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
Abstract
Aminah, 61 2015 026 Menghafal Al-Qur’an (surat-surat pendek) merupakan suatu aktivitas belajar yang menekankan kepada kemampuan kognisi (keyakinan) dalam mengingat ayat Al-Qur’an (surat-surat pendek). Menghafal Al-Qur’an (surat-surat pendek) sebagai metode dan langkah awal belajar sebelum metode pembelajaran yang lainya. Proses menghafal Al-Qur’an (surat-surat pendek) melibatkan aktivitas kognitif, psikis, psikomotorik orang yang menghafalkan ayat akan menjumpai kemudahan dan kesulitan sehinga memunculkan dinamika psikologis. Senang saat menjumpai kemudahan dan sedih saat sulit menghafal. Dan untuk memotivasi anak agar minat menghafal Al-Qur’an khususnya bagi anak usia dini, diperlukan metode yang tepat untuk mencapai hasil yang optimal. Namun faktanya, tidak semua anak bisa mendapatkan pendidikan sejak usia dini, terutama pendidikan agama Islam. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan penulis dengan judul “ Strategi Dakwah dalam Memotivasi Anak Menghafal Surat-Surat Pendek Taman Kanak-Kanak Mandiri Jakabaring”. Berdasarkan data yang diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi dakwah yang diberikan yaitu strategi terdapat dalam surat An-Nahl ayat 125 terdapat 3 hal Bil Hikmah (memperhatikan situasi dan kondisi, Mauizatul Hasanah (memberikan nasihat dengan kasih sayang), Mujadalah Billati Hiya Ahsan (tidak memberikan tekanan-tekanan) sama dengan strategi sentimentil karena dalam menggajarkan anak-anak menghafal surat-surat perlu dengan ketekunan dan kesabaran. memfokuskan kepada hati mengerakan perasaan dan memberikan nasehat dalam memotivasi anak awalnya berupa niat yang baik dan ketulusan hati guru dengan memberikan pujian ataupun reward dengan berkata lemah lembut tanpa adanya tekanan-tekanan untuk menghafal surat-surat pendek. Memotivasi anak tergambarkan dalam niat Guru untuk memotivasi anak taman kanak-kanak mandiri khusunya kelas B1 Guru memotivasi anak supaya memiliki kepercayaan diri dan semangat dalam menghfalkan surat-surat pendek. Guru kelas B 1 dapat memilih kata-kata yang mudah dipahami untuk anak-anak. Hendaknya penyampaian motivasi tidak menggunakan kalimat yang menggarah pada bentuk kalimat yang beresiko atau akibat buruk karena hal itu justru membuat anak takut. Sebaiknya mengunakan kalimat pujian atau reward bagi anak taman kanak-kanak mandiri yang bisa menghafalkan surat-surat pendek yang telah di tentukan. Adapun faktor pendukung strategi dakwah dalam memotivasi anak untuk menghafal surat-surat pendek adalah keaktifan guru dan kerja sama yang baik dari orang tua. Sedangkan faktor penghambat adalah aspek kecerdasan anak dan lingkungan sosial yang kurang kondusif. kata kunci: dakwah, menghapal alquran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, 1. Idmar Wijaya, S.Ag., M.Hum 2. Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | dakwah, menghapal alquran |
Subjects: | Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 06:22 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 06:22 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5789 |
Actions (login required)
View Item |