KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK BERDASARKAN ILMU TAJWID DI TPA FATIMAH UNIT 223 MUSHOLAH SURYA KELURAHAN 35 ILIR PALEMBANG

KURNIA KEMALA SARI, NIM. 612015077 (2019) KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK BERDASARKAN ILMU TAJWID DI TPA FATIMAH UNIT 223 MUSHOLAH SURYA KELURAHAN 35 ILIR PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
612015077_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img]
Preview
Text
612015077_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf

Download (863kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar maka perlu menempuh proses pembelajaran, karena pembelajaran merupakan aspek sangat penting. Membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sesuai kaidah-kaidah yang berlaku diperlukan suatu bidang disiplin ilmu yang lazim disebut ilmu tajwid. Ilmu yang dapat mengantarkan para membaca Al-Qur’an mampu membaca dengan benar dan teratur, indah dan fasih sehingga terhindar dari kekeliruan atau kesalahan dalam membacanya. Merujuk pentingnya seorang anak untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang tentang kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Adapun judul penelitian dalam skripsi ini adalah “Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak berdasarkan Ilmu Tajwid di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang”. Untul mempermudah pelaksanaan penelitian tentang Kemampuan membaca Al-Qur’an anak berdasarkan ilmu tajwid di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang. Maka peneliti merumuskan tiga masalah yakni, Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an anak di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang?. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an anak di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang?. Dan upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang?. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah jenis kuantitatif dan kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data dan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 50 anak di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang. Berdasarkan hasil perhitungan, maka diperoleh data sesuai dengan masalah-masalah yang dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif dengan rumus persentase. Kemampuan membaca Al-Qur’an anak berdasarkan ilmu tajwid di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang dikategorikan yang bacaannya benar dan lancar sebanyak 15 anak atau 30%, yang bacaannya lancar dan tidak benar sebanyak 18 anak atau 36%, yang bacaannya benar dan tidak lancar sebanyak 10 anak atau 20% dan yang bacaanya tidak benar dan tidak lancar sebanyak 7 anak atau 14%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an anak berdasarkan ilmu tajwid di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang dari 50 responden yang menjawab iya sebanyak 32,28%, kadang-kadang 17,71% dan tidak 50%. Dan upaya untuk meningkatkan Kemampuan membaca Al-Qur’an anak berdasarkan ilmu tajwid di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang dari 50 responden yang menjawab sangat bagus 59,71%, bagus 38% dan tidak bagus 2,28%. Maka dapat diinterprestasikan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an anak berdasarkan ilmu tajwid di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang masih dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Abu Hanifah, M.Hum 2. Hendri Nur Alam, S.E.,M.Si
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca Al-Qur’an anak di TPA Fatimah Unit 223 Musholah Surya Kelurahan 35 Ilir Palembang
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:44
Last Modified: 16 Oct 2019 03:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5770

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.