PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

MEYCIN PERMATASARI, NIM. 342015029 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
342015029_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: model pembelajaran, student teams achievement divisions, pencemaran lingkungan, hasil belajar. Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran sehingga siswa dapat memahami sendiri konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan Ho: Tidak ada peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 10 Palembang dan Ha: Ada peningkatan hasil belajar biologi dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 10 Palembang. dengan menggunakan Metode Pra-Eksperimental pada satu kelompok subjek sehingga tidak ada kelas pembanding dengan desain Prates dan Pascates dalam Satu Kelompok. Hasil belajar diuji dengan menggunakan uji hipotesis t data berpasangan (Paired Samples Test). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dilihat dari ratarata tes awal mencapai 49,18 dan rata-rata tes akhir adalah 78,91. Dilihat dari hasil uji t data berpasangan (Paired Samples Test) nilai signifikansi 0,05 dengan probabilitas 0,000 dan thitung 18,671, sehingga hipotesis diterima. Simpulan penilitian ini adalah bahwa ada peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 10 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I) Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd., (II) Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, student teams achievement divisions, pencemaran
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:19
Last Modified: 08 Oct 2019 06:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5661

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.