PENGARUH KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

ANGGI ANGGRAINI, NIM. 322015017 (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322015017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
322015017_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

Kata kunci: Membuka, Menutup Pembelajaran, Keaktifan Belajar. Berdasarkan pengamatan masih ada diantara siswa-siswi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang yang masih belum memiliki keaktifan Belajar yang tinggi, proses pembelajaran yang di terapkan guru keterampilan membuka dan menutup pembelajaran masih kurang tepat. Saat membuka pembelajaran guru langsung saja masuk pada kegiatan inti pelajaran. Sehingga masih ada siswa yang sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya, bermain handphon, dan mengantuk. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhamadiyah 1 Palembang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang sebanyak 480 orang. Metode yang di gunakan adalah dengan metode korelasi. Analisis data yang digunakan adalah uji signifikan (uji t). Berdasarkan analisis peneliti, hasil penguji hipotesis menunjukkan bahwa variabel Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap Keaktifan Belajar Siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi Rhitung 0,382 dengan koefisien determinasi atau disebut KP (korelation pearsion) yaitu 14,6%. Berdasarkan (uji t) di dapat t hitung > ttabel (4.491 > 0.1793). Sehingga dapat disimpulkan Bahwa ada Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang.Saran: Bagi siswa hendaknya belajar lebih giat dan aktif lagi baik di dalam kelas maupun organisasi dan ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing (I) Dr.Herman Seri, M.Pd, (II) Samsilayurni, S.Pd, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Membuka, Menutup Pembelajaran, Keaktifan
Subjects: Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Oct 2019 04:43
Last Modified: 07 Oct 2019 04:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5643

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.