UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KOTA PADANG KECAMATAN KISAM TINGGI OKU SELATAN

YUNI FERSILIA, NIM. 622015042 (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KOTA PADANG KECAMATAN KISAM TINGGI OKU SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622015042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
622015042_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)

Abstract

Upaya ialah usaha untuk mencapai suatu tujuan dalam pembelajaran yang di fasilitasi oleh seorang guru yang merupakan seseorang pekerjaanya mengajar, sedangkan pelajaran Agama Islam ialah pelajran yang dapat di kembangkan dari segi strategi pembelajarannya guna efektifitas dan kualitas belajar yang lebih baik untuk memperoleh informasi, dengan menggunakan metode berupa cara yang digunakan untuk mrlaksanakan suatu prose pembelajaran agar tercapai sesuai yang dikehendaki, untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan pemebelajran guna mencapai tujuan pendidikan yang ditentukan. Discoveryialah metode yang berangkat dari suatu pandangan bahwa anak didik sebagai subyek disamping sebagai obyek pembelajaran. Selain itu, anak didik juga memiliki kemampuan dasar untuk berkembang secara optimal sesuai kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas kegiatan pembelajaran dan hasil belajar para siswa yang masih rendah pada mata pelajaran Pendidikan agama Islamdi SD N Kota Padang Kecamatan Kisam Tinggi OKU Selatan. Khusunya kelas V, dengan menggunakan metode Discovery suasana para peserta didik berubah tidak monoton, serta sosialisasi dalam mengeksplorasi bahan ajar dapat berkembang sehungga bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 Siswa yang dilakukan dalam dua siklus, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan hasil tes oleh peneliti di SD N Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Kemampuan Siswa mengumpulkan data dari 75% menjadi 100%, menganalisa data dari 50% menjadi 90%, menyimpulkan jawaban dari 35% menjadi 70%, dan tes hasil belajarnya dari 40% menjadi 85% . Dengan demkian Guru berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N Kota Padang. Kata Kunci: Guru, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Helyadi, S. H., M. H Pembimbing, 2. Dr. Ani Aryati, S. Ag., M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Guru, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 26 Sep 2019 03:53
Last Modified: 26 Sep 2019 03:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.