PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS NARASI SISWA SMP UTAMA BAKTI PALEMBANG

NELLA HENDIYANTI, NIM. 312015071 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS NARASI SISWA SMP UTAMA BAKTI PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015071_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
312015071_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Menulis teks narasi, Cooperative Integrated Reading and Composition. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks narasi, sebenarnya dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang di programkan dengan baik. Salah satu upaya guru dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks narasi dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat menciptakan prestasi siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas VII Utama Bakti Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dengan model konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition meningkat dalam pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Utama Bakti Palembang”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Utama Bakti Palembang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 90 siswa. Sedangkan sampel yang di gunakan adalah sampel yang berjumlah 60 siswa, yang terdiri dari kelas x1 dan x2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Jumlah nilai tes esai kelas eksperimen adalah 2150 dengan nilai rata-rata 71,67 dan tes kelas kontrol adalah 1865 dengan rata-rata 62,16. Berdasarkan kedua tes akhir essai diketahui dari perhitungan uji t maka didapatkan thitung = (thitung 5,099 > ttabel 1,67). Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition meningkat terhadap hasil belajar menulis teks narasi siswa SMP Utama Bakti Palembang. Jadi, uji hipotesis dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. penelitian menyarankan hasil penelitian ini diharapkan sebagai referensi bagi siswa dalam pemahaman menulis teks narasi, serta dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian lanjutan. Adapun, hasil penelitian bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition ini dapat diterapkan oleh tenaga pengajar untuk meningkatkan mutu pendidikandi sekolah SMP Utama Bakti Palembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I) Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. (II) Drs. H. Musfota, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Menulis teks narasi, Cooperative Integrated Reading and Composition.
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:23
Last Modified: 25 Sep 2019 04:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5429

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.