PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

DWI GITA, NIM. 312015062 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015062_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
312015062_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Problem based learning, menulis teks eksplanasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi, sebenarnya dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang di programkan dengan baik. Guru bahasa Indonesia membutuhkan sejumlah pengetahuan dan metode untuk dapat melaksanakan tugasnya. Salah satu upaya guru dapat meningkatkan kemampuan siswa dalan menulis teks eksplanasi dnegan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Muhammdiyah 1 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran problem based learning dengan model konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Model pembelajaran problem based learning meningkat dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Poupulasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang tahun ajaran 2019 yang berjumlah 340 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel yang berjumlah 70 siswa, terdiri dari kelas x1 dan x2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara. Jumlah nilai tes essai kelas eksperimen 2804 dengan nilai rata-rata 81,8 dan tes kelas kontrol adalah 2424 dengan rata-rata 71,29. Berdasarkan kedua tes akhir esai diketahui dari perhitungan uji t maka didapatkan thitung= (thitung 4,610> ttabel 1,68). Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning meningkatkan terhadpa kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jadi, uji hipotesis ini dapat dinyatakan H0 ditolak Ha diterima. Sebagai penutup penelitian menyarankan hasil penelitian ini diharapkan sebagai referensi bagi siswa dalam menyarankan menulis teks eksplanasi, serta dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian lanjutan. Adapun, hasil penelitian bahwa model pembelajaran problem based learning ini dapat diterapkan oleh tenaga pengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah SMA Muhammdiyah 1 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (1) Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. (II) Drs. H. Mustofa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, menulis teks eksplanasi.
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 25 Sep 2019 03:41
Last Modified: 25 Sep 2019 03:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5415

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.