PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI WHATSAPP MESSENGER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA KELAS X SMK NEGERI 1 PALEMBANG

TUSINEM, NIM. 312015010 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI WHATSAPP MESSENGER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA KELAS X SMK NEGERI 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015010_BAB I _ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (866kB) | Preview
[img] Text
312015010_ BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Blended Learning, Aplikasi Whatsapp Messenger dan Keterampilan Menulis Penelitian ini di latar belakangi untuk mengetahuai pengaruh pembelajaran terhap siswa. Rumusan masalah ini adalah adanya pengaruh blended learning berbasis aplikasi whatsapp messenger terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada kelas X SMK Negeri 1 Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning berbasis aplikasi whatsapp messenger terhadap keteramplan menulis teks eksposisi pada kelas X SMK Negeri 1 Palembang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini diambil melalui sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah tes objektif berjumlah 25 soal pilihan ganda,uraian menulis teks eksposisi, tes angket berjumlah 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (regresi sederhana). Hasil penelitian menunjukkan dari analisa data pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan rumus regresi sederhana dengan kriteria penguji hipotesis Ha jika Thitung > Ttabel. Berdasarkan analisis data mengenai pembelajaran blended learning berbasis aplikasi whatsapp messenger melalui regresi linier sederhana maka diperoleh nilai ternyata Thitung > Ttabel atau 8,533 ≥ 1,67, maka signifikan dengan kata lain hipotesis diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh blended learning berbasis aplikasi whatsapp messenger terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada kelas XI SMK Negeri 1 Palembang .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, (I) Dr. Sakdiah Wati, M.Pd (II) Drs.H. Mustofa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Aplikasi Whatsapp Messenger dan Keterampilan Menulis
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 18 Sep 2019 05:58
Last Modified: 18 Sep 2019 05:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5193

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.