NORA PERTIWI, NIM. 312015025 (2019) KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA SMK NURUL IMAN PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312015025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (823kB) | Preview |
|
Text
312015025_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
Abstract
Kata kunci:kemampuan, menulis, argumentasi, students team achievement division Latar belakang penelitian ini adalah penggunanaan metode Students Team Achievement Division (STAD) untuk membantu siswa menulis karangan argumentasi. Penggunaan metode STAD akan membantu siswa berusaha menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa menulis karangan argumentasi melalui metode STAD di SMK Nurul Iman Palembang? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi melalui metode STAD di SMK Nurul Iman Palembang sehingga dengan adanya deskripsi tersebut maka penulis akan mendapat informasi yang jelas tentang tingkat kemampuan siswa menulis karangan argumentasi berdasarkan metode STAD. Metode digunakan dalam penelitian adalah true experimental design. Hasil yang dikumpulkan melalui tes, angket, dan wawancara penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan 1 dan kelas X Teknik Komputer dan Jaringan 2 yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan pembahasan hasil data tes dari penelitian bahwa siswa kelas X TKJ 1 SMK Nurul Iman Palembang mampu menulis karangan argumentasi melalui perbandingan nilai rata-rata dan perhitungan uji t yang menunjukan bahwa thitunglebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa metodes STAD berpengaruh terhadap hasil belajar menulis karangan argumentasi siswa SMK Nurul Iman Palembang karena terbukti thitunglebih besar dari pada ttabelpada taraf signifikan 5% dengan dk 36 atau 5,95 ≥ 1,68. Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya menulis karangan argumentasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing, (I) Drs. H. Refson, M.Pd. (II) Dr. H. Haryadi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan, menulis, argumentasi, students team achievement division |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 04:36 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 04:36 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5133 |
Actions (login required)
View Item |